Dakwah Terbaik Tidak Hanya Cukup dengan Doa, tetapi Harus Ada...


TintaSiyasi.com -- Ulama Aswaja Ustaz Harun Musa menjelaskan dalam berdakwah kalau ingin yang terbaik tidak cukup dengan doa, tapi juga butuh negara. 

"Maka dakwah ini kalau ingin terbaik tidak hanya cukup doa tapi harus juga dengan negara," ungkapnya dalam acara Live Maulid Forum 1445 H - Cinta Kepada Nabi Saw, Jalan Menuju Islam Kaffah di YouTube Kaffah Channel pada 15 Oktober 2023.

Menurutnya, perkembangan yang terjadi saat dakwah diemban oleh negara adalah eksponensial, artinya begitu melesat, bukan linear. 

"Lakukan aja dakwah sesuai garis perjuangan Nabi, Allah yang akan mengatur, Allah yang akan memberikan pertolongan, Allah yang akan membukakan pintu nasrullah nya itu, Allah yang punya kuasa, kita lakukan dengan tulus kepada Allah SWT dakwah ini. Dengan berittiba' yang sempurna ke baginda Nabi," ungkapnya.

Ia pun menyadari menempuh jalan dakwah tidaklah mudah, penuh tantangan dan itu merupakan sunatullahnya, jadi, lanjutnya, menghadapi tantangan dalam dakwah adalah hal yang wajar. 

"Maka teman-teman kalau ada tantangan itu biasa. Istiqomah. sabar dan sabar," ucapnya. 

Ia pun mengutip pepatah arab yang mengatakan kalau seandainya cintamu itu cinta benar, maka tentu kamu akan taat kepada dia', lebih lanjut ia mengungkapnya bahwa manifestasi dari cinta terhadap seseorang adalah taat, maka jika mengaku cinta pada Nabi, buktikan dengan taat pada beliau, menjadikannya sebagai Uswatun Hasanah.

Menurut Ustaz Harun, menjadikan Nabi sebagai Uswatun Hasanah adalah dengan menempuh jalan sebagaimana jalan yang ditempuh nabi, Yakni jalan dakwah yang hari-harinya mengurusi urusan umat. 

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat agar arah perubahan kedepan adalah ke arah Islam, dakwah yang mampu mewujudkan kembali Daulah Islamiyah atau Khilafah Islamiah yang menerapkan Islam secara kaffah. 

"Kita umat Islam harusnya menjadi umat yang satu, harus ada yang menyatukan umat ini, maka sebetulnya tegaknya Khilafah Islamiah itu bukan sekedar kewajiban, itu adalah kebutuhan kita. Kebutuhan kita agar umat Islam ini berdaya. Mari kita sama sama bergandengan tangan bersatu untuk mewujudkan kembalinya risalah Allah untuk mengatur kehidupan dunia ini. Risalah Allah yang kaffah dengan bersama-sama berdakwah melakukan penyadaran umat agar umat ini mau diatur dengan syariat Islam secara kaffah. Maka mari kita bekerja bersama-sama, bergabung bersama-sama, berjuang untuk mengembalikan kehidupan Islam," tutupnya. []Tenira

Posting Komentar

0 Komentar