Secara Logika Islam Itu Perlu Persatuan


TintaSiyasi.com -- Dai, penulis, dan influencer Ustaz Felix Siauw menyebut bahwa secara logika Islam itu perlu persatuan. “Secara logika Islam itu perlu persatuan, secara logika semua ajaran Islam itu perlu persatuan menyuruh kita untuk bersatu,” ujarnya di YouTube Felix Siauw dengan tema Logika Khilafah, Selasa (7/3/2023).

Menurut Ustaz Felix, bahwa orang-orang Muslim dulu pernah bersatu, karena menurutnya ini adalah sebuah logika yang sangat mudah sebuah kewajaran, karena jangankan berbicara tentang Islam, orang-orang yang sama-sama sipit saja mau bersatu, orang-orang yang sama hitam mau bersatu, orang-orang yang sama kulitnya putih mau bersatu, orang-orang yang merasa kulitnya merah sama-sama mau bersatu.

“Islam itu lebih dari pada itu, Islam itu alamiahnya bersatu, lebih dari pada itu karena mereka bukan cuma hanya cita-cita yang sama di dunia, tetapi mereka punya cita-cita yang sama nanti di akhirat, mereka punya orang yang mereka cintai yang sama yaitu Rasulullah Muhammad SAW,” ujarnya.

Tidak hanya itu, menurutnya, agama Islam menyuruh umatnya untuk bersatu, umat Islam senantiasa bareng-bareng, senantiasa membentuk satu ikatan, dalam surah Al-Fatihah kaum Muslim disuruh untuk beribadah bareng yaitu disuruh bareng-bareng menyembah Allah dan bareng-bareng meminta kepada allah.

“Islam itu naturalnya bersatu, Islam itu naturalnya bareng-bareng, Islam itu naturalnya punya ikatan artinya kalau seandainya kaum Muslim itu bertambah banyak maka akan bertambah bersatu karena setiap aktivitas-aktivitasnya itu perlu persatuan, maka ketika kita lihat di Makkah mereka sudah mulai bersatu, mereka di Madinah lebih bersatu lagi,” tegasnya.

Selain itu menurut Ustaz Felix, Rasulullah SAW memerintahkan untuk bersatu dan memerintahkan ketika shalat hanya ada satu imam, hanya ada satu pemimpin shalat, menurutnya, dalam Islam hampir disamakan tata negara, bahwa tata negara kaum Muslim harus satu komando sebagaimana kaum Muslim diperintahkan seperti mereka shalat.

Oleh karena itu, menurutnya persatuan umat Islam adalah sesuatu yang mutlak atau sesuatu yang pasti dalam Islam. Ia menambahkan kalau ada orang bilang bahwa Islam itu tidak mempunyai persatuan dalam bentuk negara, maka menurutnya, itu sesuatu yang mustahil karena jangankan orang-orang Muslim, orang-orang Kristen saja mau bersatu mereka perlu persatuan.

“Jadi sebenarnya kaum Muslim itu bersatu, makanya kalau kita berbicara tentang persatuan itu dalam bentuk apa? persatuan itu dalam bentuk kepemimpinan yang namanya Khilafah itu, makanya Rasulullah saw sebelum meninggal beliau berpesan bahwa tidak ada Nabi setelahku jadi tidak ada lagi orang yang menerima wahyu dari Allah SWT,” ujarnya.

“Jadi kalau ada orang yang mengatakan kaum Muslim itu tidak mempunyai persatuan dalam bentuk negara, ya itu justru ahistoris, dan secara normatif mereka kurang menggali lagi kitab-kitab yang berkaitan dengan itu,” tambahnya.

Ustaz Felix menjelaskan bahwa kekhilafahan terbukti dalam sejarah membela kaum Muslim, memperbaiki kondisi kaum Muslim, menghasilkan karya-karya besar, menghasilkan generasi-generasi hebat dan mencatat Islam sebagai the golden age atau abad ke emasan di dalam sejarah peradaban, itu hasil dari pada kepemimpinan Islam yang memberikan kebaikan bagi seluruh kaum Muslim.

“Bahwasanya Islam itu pernah bersatu di bawah satu kepemimpinan dan itulah yang menjadikan Islam itu bisa tersebar dengan sangat luas dan memberikan kebaikan dan manfaat bagi seluruh alam,” ujarnya.

“Dan kalau seandainya itu terjadi lagi mudah-mudahan kita akan kembali melihat Islam berjaya kembali Islam kemudian menampakan kealamiahannya lagi yaitu menjadi pemimpin bukan hanya untuk kaum Muslim, tetapi untuk memimpin dunia dengan keberkahan Islam rahmatan lil alamin,” pungkasnya.[]Aslan La Asamu

Posting Komentar

0 Komentar