Pemerhati Anak dan Keluarga: Ramadhan Momen Kedekatan Berkualitas Bersama Anak


TintaSiyasi. com -- Pemerhati Anak dan Keluarga, Ustazah Zulia Ilmawati, S.Psi. Ramadhan momen kedekatan berkualitas bersama anak. Tuturnya kepada TintaSiyasi.com

"Ramadhan merupakan momen berkualitas bersama anak," tuturnya kepada TintaSiyasi.com. Rabu (15/3/2023).

Ia mengatakan, orang tua harus memahami makna kedekatan bersama anak. Sebab, anak merupakan makhluk sosial. Sehingga, komunikasi menjadi kebutuhannya," lugasnya.

"Anak senantiasa memerlukan orang lain untuk menerima dirinya apa adanya, saling memberi, saling mengerti, saling berbagi, saling mengisi, dan saling melengkapi," katanya.

Menurutnya, layaknya sebuah persahabatan, persahabatan ibu dan anak mengharuskan adanya kepercayaan, kebersamaan, kepedulian, dan kedekatan hubungan, dengan tetap menerima adanya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Seorang ibu memang tidak mudah menjalin kedekatan dengan anaknya, hal ini disebabkan karena usia, cara berpikir, dan kondisi psikologis yang tidak sama antara keduanya," tuturnya

Ia menambahkan dengan mengatakan bahwa tidak semua orang tua bisa lebih lepas dan bebas, kurang sabar, tak mau keluar dari zona nyaman, enggan melihat dunia melalui mata anak, dan banyak orang tua yang memosisikan diri hanya sebagai orang tua yang memerintah, melarang, dan menyuruh.

"Padahal, anak tidak hanya memerlukan perintah dan larangan, tetapi mereka ingin mendapat tempat curahan hati," ujarnya.

Selain itu katanya, anak tak hanya memerlukan figur orang tua, tetapi mereka mendambakan sahabat, yakni sosok yang mau mendengarkan curahan hatinya, dan betah mendengarkan keinginannya.

"Sebetulnya, hal tersebut merupakan sesuatu yang murah dan tidak berbiaya, tetapi justru paling sulit diwujudkan oleh orang tua," mirisnya.

Lebih jauh Ia mencontohkan bagaimana membangun kedekatan orang tua dan anak seperti yang dilakukan oleh Baginda Nabi. "Rasulullah Muhammad, memberikan teladan bagi kita, bagaimana beliau sangat dekat dengan anak-anak. Baginda SAW. biasa menemani anak-anak dalam banyak kesempatan. Suatu saat menemani Ibnu Abbas berjalan berdua. Pada kesempatan lain menemani keponakannya, Ja'far. Kadangkala Rasulullah SAW. juga menemani Anas,".

"Sehingga dari yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW. bahwa menjadi hak anak untuk mendapatkan pendampingan dari orang tua," tuntasnya. [] Nurmilati

Posting Komentar

0 Komentar