Ternyata Separah Ini Konflik yang Dihadapi Khilafah Utsmaniah Menjelang Keruntuhannya


TintaSiyasi.com -- Mengulas buku Keruntuhan Turki Utsmani dan Berkembangnya Sekat Negara Bangsa di Dunia Islam, Direktur Institut Literasi Khilafah Indonesia (ILKI), Septian A.W. mengungkap sebab-sebab yang mejadi faktor runtuhnya Daulah Islam di masa Khilafah Utsmaniyah. Salah satunya adalah lemahnya negara akibat konflik yang terjadi baik dari penjajah Barat maupun internal Daulah Islam sendiri.

“Sebenarnya di masa-masa akhir Utsmani peradaban Islam tidak ideal banget. Dan ternyata kekuatan Utsmani sudah tidak lagi mencakup semua dunia Islam” ungkapnya dalam Kelas Bedah E-Book Januari 2023 ILKI, Sabtu (7/1/2023) via daring.

Selain tantangan dari penjajah Barat, Septian menjelaskan bahwa Khilafah Utsmani juga harus menghadapi tantangan dari wilayah Islam sendiri, terutama Persia, Mesir, dan juga Wahabi (Arab Saudi). Sebab wilayah-wilayah tersebut sedang mengalami kemunduran dan dikuasai oleh pihak asing.

“Beberapa wilayah seperti Jazirah Arab sebelah Timur dan Persia (Iran) dikuasai oleh kekuasaan-kekuasaan non-Utsmani,” terangnya.

Adapun Mesir yang seharusnya menjadi wilayah Islam, saat itu justru turut melemahkan Daulah akibat pengaruh dari Perancis di tangan Napoleon Bonaparte.

“Mesir ini seharusnya adalah wilayah Utsmani. Namun akibat kemunduran yang semakin parah serta kekuasaan Perancis di bawah Napoleon Bonaparte, akhirnya wilayah ini menjadi salah satu kekuatan yang merongrong kekuasaan Utsmani,” jelasnya. 

Septian menjelaskan penyebab utama yang melemahkan kekuatan Utsmani. “Kekuatan-kekuatan inilah yang merengsek dan merongrong kekuatan Utsmani,” pungkasnya.[] Nurichsan

Posting Komentar

0 Komentar