Zakat Fitrah


TintaSiyasi.com -- Terdapat hadis-hadis shahih mengenai zakat fitrah. Kami tidak mentabanni rinciannya. Di sini saya menyebutkan kepada Anda beberapa pandangan para fuqaha yang muktabar dalam masalah ini. Anda sendiri bisa mengikuti (bertaklid) kepada siapa pun yang Anda inginkan dari mereka, selama perbuatan Anda sebelumnya belum terikat dengan pandangan-pandangan (mengenai zakat fitrah) tersebut. Namun, jika perbuatan Anda sebelumnya sudah terikat dengan tata cara (pendapat) salah seorang mujtahid yang muktabar, maka teruskanlah apa yang Anda lakukan itu.
Abu Hanifah membolehkan mengeluarkan zakat fitrah dari benda-benda yang telah disebutkan di dalam berbagai hadis. 

Contohnya adalah hadis dari Abi Sa’id al-Khudri yang berkata:

«كنا نخرج زكاة الفطر إذا كان فينا رسول الله ( صاعاً من طعام أو صاعاً من تمر أو صاعاً من شعير أو صاعاً من زبيب أو صاعاً من أقط فلا أزال أخرجه كما كنت أخرجه ما عشت»

Kami telah mengeluarkan zakat fitrah pada saat Rasulullah (masih) berada di tengah-tengah kami satu sha’ dari makanan, atau satu sha’ dari kurma, atau satu sha’ dari gandum, atau satu sha’ dari kismis, atau satu sha’ aqith. Aku tetap melakukan hal itu (dengan mengeluarkan benda-benda tersebut) sebagaimana aku telah mengeluarkannya selama ini. (HR. Bukhari dan Muslim dengan lafaz berdasarkan riwayat Muslim).

(Aqith atau keju adalah sari pati susu yang dimasak, kemudian dibiarkan hingga kering).

Jadi, boleh mengeluarkan zakat fitrah dengan benda-benda tersebut di atas. Boleh juga mengeluarkan zakat fitrah dengan benda-benda lain selain benda-benda tersebut di atas. Misalnya beras dan biji adas. Banyaknya beras diukur setara dengan takaran satu sha’ kurma, kemudian dikeluarkan dalam bentuk beras. Atau juga dalam bentuk uang (nuqud) yang nilainya setara dengan nilai (harga) satu sha’ kurma, kemudian dikeluarkan dalam bentuk uang. Begitulah. Pendapat mereka ini terdapat di dalam kitab Tuhfatu al-Fuqaha.

Mazhab Imam Malik membolehkan apa yang jadi bahan makanan penduduk negeri sebagaimana yang disebutkan (dalam hadis) tadi atau yang biasa dimakan oleh masyarakat. Contohnya beras dan biji adas, kacang-kacangan dan lain-lain. Pendapatnya ini terdapat di dalam kitab Balighatu as-Salik.

Mazhab Imam Syafi’i membolehkan untuk mengeluarkan zakat fitrah dari jenis apa yang bisa dizakatkan, yaitu dari hasil pertanian, buah-buahan. Dan yang paling utama adalah apa yang biasa menjadi makanan penduduk negerinya atau apa yang biasa menjadi makanannya . Pendapat ini terdapat di dalam kitab Mughni al-Muhtaj. Dengan ukuran (takaran-pen) yang telah dijelaskan di dalam berbagai hadis.

Mazhab Imam Hambali membolehkan mengeluarkan zakat fitrah hanya dari benda-benda yang telah disebutkan (di dalam hadis). Beliau tidak membolehkan selain dari benda-benda tersebut. Namun demikian, jika tidak dijumpai salah satu jenis dari beberapa jenis benda-benda tersebut, maka dibolehkan mengeluarkan zakat fitrah dengan sejenis bahan makanan yang layak, berupa biji-bijian jagung/shorgum, beras... Pendapat ini terdapat di dalam kitab al-Mughni.

Sha’ adalah takaran, yaitu ukuran volume tertentu. Berat isi timbangannya berbeda-beda tergantung biji apa yang memenuhi volumenya. Satu sha’ gandum setara dengan 2,25 kg gandum, atau lebih detail lagi setara dengan 2.176 gram gandum. 
Di kalangan para mujtahid yang disebutkan tadi, seluruhnya tidak membolehkan zakat fitrah dikeluarkan dalam bentuk nilai tertentu dari mata uang, kecuali pendapat Abu Hanifah.

Kami tidak mentabanni rincian dari benda-benda yang harus dikeluarkan sebagai zakat fitrah; apakah dibolehkan zakat fitrah dikeluarkan dalam bentuk uang atau tidak? Anda boleh bertaklid (mengikuti pendapat) berdasarkan keinginan Anda yang dianggap memuaskan. Apabila apa yang telah Anda lakukan itu terkait dengan pendapat salah seorang mujtahid, maka teruskanlah apa yang telah Anda lakukan itu. Zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum shalat Ied. Boleh juga zakat fitrah dikeluarkan satu atau dua hari sebelum Ied, dan disalurkan kepada fakir miskin.[]

Oleh: Syekh Atha Bin Khalil Abu ar-Rasytah 

Posting Komentar

0 Komentar