Faktor Pendorong Perubahan


TintaSiyasi.com -- Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto (UIY) membeberkan tiga faktor penggerak perubahan.

"Ada tiga faktor yang mendorong orang tergerak melakukan perubahan," bebernya dalam Dialog Focus: Kok Menolak Perubahan, Ada Apa? di kanal UIY Official, Ahad (30/07/2023).

Pertama, ia menyebut dorongan akidah, yang paling kuat adalah dorongan keimanan, tauhid, akidah, bahwa perubahan menuju kebaikan ini adalah bagian dari ibadah. 

"Kedua, dorongan untuk terwujudnya kebaikan. Coba kalau orang-orang itu berada di ruang yang akan dibersihkan tidak menolak justru mempersilahkan. Bahkan kalau bisa ikut membantu. Kenapa dia, mau membantu? Karena hasilnya kebersihan ketika di benaknya itu memiliki pemahaman bahwa apa yang dilakukan itu untuk kebaikan ia akan ikut serta," ujarnya. 

Ketiga, dorongan untuk menghilangkan keburukan. Seseorang tahu bahwa keburukan itu harus dihilangkan, maka kotoran-kotoran harus dibersihkan. Noda lantai misalnya, harus di bersihkan. 

"Namun, noda kehidupan berupa sekularisme, kapitalisme, ketidakadilan, kezaliman itulah noda-noda yang harus dibersihkan. Kalau memahami itu, maka orang tidak ada yang menolak," pungkasnya. [] Rina.

Posting Komentar

0 Komentar