Si Pemecah Masalah


TintaSiyasi.com -- Sobat. Saat Anda mengalami kemunduran besar, gunakan si pemecah masalah berikut ini untuk membantu Anda mengatasinya. Daftar sepuluh pertanyaan ini akan membimbing Anda selangkah demi selangkah menuju hasil yang anda inginkan. Demi hasil terbaik penting untuk melakukan seluruh proses menulis. 

Gunakan daftar ini sering-sering kemampuan anda membuat keputusan akan jauh meningkat.

1. Apa tantanganku? Definisikan situasi yang Anda dengan akurat. Ingatlah untuk menuliskannya dengan jelas, singkat dan spesifik.
2. Putuskan untuk menghadapi masalah itu dan menyelesaikannya. Membuat keputusan untuk menghadapi rasa takut anda adalah satu langkah besar. Untuk kesehatan dan kedamaian pikiran Anda, putuskan sekarang.
3. Hasil apa yang aku inginkan? Sekali lagi, definisikan dengan jelas hasil yang Anda inginkan. Visualisasikan pencapaian, dan jelaskan keuntungan-keuntungan utama jika Anda berhasil mengatasi tantangan ini.
4. Dalam satu kata, jelaskan seperti apa perasaan Anda nanti setelah anda mengatasi tantangan ini dengan sukses.
5. Informasi apa yang aku perlukan untuk membantu? Belajarlah lebih banyak dengan membaca dan meneliti, meninjau kembali kontrak-kontrak, atau dokumen-dokumen penting lainnya.
6. Apa yang bisa kulakukan sendiri? Tulislah tindakan-tindakan spesifik yang dapat Anda lakukan dengan baik.
7. Siapa lagi yang dapat membantuku? Pertimbangkan keahlian orang lain yang Anda perlukan, namun Anda tak memiliki kemampuan atau pengalaman untukmengerjakannya sendiri.
8. Sekarang, langkah tindakan spesifik apa yang akan kulakukan? Ini adalah rencana permainan Anda. Pikirkan sertiap langkah menuju pencapaian akhir.
9. Kapan Aku Mulai? Tanggal:... Berapa lama jangka waktu yang realistis untuk mencapai hasil akhir? Tanggal:... Ayo Mulai! Ingat, kedamaian pikiran merupakan sisi lain dari ketakutan.
10. Tinjau kembali hasil-hasil Anda dan rayakan atau syukuri!

Silahkan jawab dan tuliskan dengan detail. Insya Allah Anda akan mendapatkan lompatan-lompatan kesuksesan dalam hidup Anda. Salam dahsyat dan Luar biasa![]

Oleh: Dr. Nasrul Syarif, M.Si. 
Spiritual Motivator, Author, dan Lecture

Posting Komentar

0 Komentar