Menjadi Ibu dan Pendidik Tangguh


TintaSiyasi.com -- Di hadapan sekitar 50 Muslimah, Founder MISS (Madrasah Ibu Cerdas Shalihah) Bunda Atik mengungkapkan, ada dua poin bagaimana seorang Muslimah itu harus menjadi ibu dan pendidik tangguh. 

“Setidaknya ada dua poin menjadi ibu dan pendidik tangguh,” ungkapnya dalam Talkshow Parenting: Menjadi Ibu dan Pendidik Tanggung di Era Milenial, Sabtu (17-06-2023) di Aula Pangkalan Jati, Depok.

Bunda Atik pun menyebutkan kedua poin tersebut, yakni, “Pertama, niat. Niatnya ikhlas Lillahi ta’ala, sabar, semata-mata dalam rangka mentaati perintah Allah SWT dan senantiasa mendoakan anak. Kedua, temukan potensi diri. Menemukan potensi diri bisa dengan dukungan internal dan dukungan eksternal.”

Menurutnya, dukungan internal itu bisa dengan mengoptimalkan potensi diri (akal, naluri dan fisik) dengan selalu meningkatkan kualitas diri. Sedangkan dukungan eksternal dengan menjalin komunikasi dan kerja sama dengan suami, keluarga besar, tetangga, teman, grup dan lainnya.

Tak hanya itu, menurut Bunda Atik, seorang ibu juga harus bisa menghancurkan penghalang dalam diri, baik yang tampak maupun yang tak tampak. 

“Hilangkan pikiran negatif. Dalam diri kita banyak ‘rantai gajah’ yang menghalangi kita untuk menjadi ibu dan pendidik tangguh. Penghalang itu sering membuat kita merasa sedih, putus asa dan minder. Padahal, Apa yang kita lihat dari diri kita sekarang belum mencerminkan potensi kita yang sesungguhnya,” bebernya.

”Dan ingat juga, menjadi ibu itu ibadah, sebagai tabungan dan investasi di dunia dan akhirat,” pungkasnya.[]Wendy Lastwati

Posting Komentar

0 Komentar