Menasihati Diri dan Umat


TintaSiyasi.com -- Sobat. Siapa saja yang mencari ilmu, maka surga akan berada dalam pencariannya. Siapa saja yang mencari kemaksiatan, maka neraka akan berada dalam pencariannya. Demikian nasehat Saydunq Ali bib Abi Thalib Ra.

Sobat. Kesungguhan dalam urusan dunia merupakan kegelapan hati sedangkan kesungguhan dalam urusan akherat merupakan cahaya hati. Demikian kata Utsman bin Affan Ra.

Sobat. Orang mulia tidak akan berbuat maksiat kepada Allah SWT. Dan Orang bijak tidak akan mengutamakan dunia daripada akherat.

Sobat. Orang mulia adalah orang yang selalu memuliakan dirinya dengan ketakwaan dan menjaga dirinya dari perbuatan maksiat. Adapun orang bijak adalah orang yang selalu menahan hawa nafsu untuk tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan akal sehat.

Sobat. Waspadalah ada dua pengendali yakni, akal dan hawa nafsu. 

Berbahagialah orang yang sanggup menjadikan akal sebagai pemimpin bagi dirinya dan menjadikan hawa nafsu sebagai tawanan.

Celakalah orang yang menjadikan hawa nafsu sebagai pemimpin bagi dirinya dan menjadikan akal sebagai tawanan.

Sobat. Siapa yang meninggalkan dosa, hatinya akan menjadi lembut. Siapa meninggalkan yang haram dan hanya memakan yang halal pikirannya akan jernih.

Sobat. Penyempurnaan akal itu dapat dilakukan dengan dua hal yaitu mengikuti ridha Allah SWT dan menjauhi murka Allah SWT.

Ya Allah janganlah Engkau jadikan dunia perhatian utama kami dan pengetahuan tertinggi kami.

Stasiun Gubeng - menuju Jember, 12 Oktober 2023


Dr Nasrul Syarif M.Si 
Penulis Buku Gizi Spiritual dan Buku The Power of Spirituality

Posting Komentar

0 Komentar