Rocky Gerung Tegur Wartawan Soal "Izin"


TintaSiyasi.com -- Akademisi dan Filsuf Rocky Gerung menegur awak media karena meminta 'izin' saat mengawali pertanyaan.

"Sudah minta "izin", standar pula pertanyaannya," ujar Rocky saat konferensi pers untuk merespons pelaporan dirinya ke polisi karena ungkapan 'bajingan tolol' yang diduga menghina Presiden Jokowi, Jumat 4/8/2023.

"Saya enggak galak. Saya tegur," imbuhnya kepada wartawan dikutip Tintasiyasi dari Tribun-Medan.com.

Saat konferensi pers tersebut Rocky meminta awak media juga cerdas dalam bertanya. Hersubeno Arief, jurnalis senior yang kala itu mendampingi Rocky juga merasa terganggu dengan sikap wartawan yang setiap kali mengajukan pertanyaan, diawali dengan mengajukan izin. 

Karena, menurutnya, sikap demikian menempatkan wartawan sebagai subordinat dari narasumber. Padahal, kata Hersubeno, wartawan seharusnya egaliter karena mewakili kepentingan publik. 

"Oleh undang-undang Anda diberikan kewenangan untuk mewakili kepentingan publik bertanya kepada pejabat-pejabat publik dan posisi Anda itu egaliter," kata Hersubeno.

Namun, meski sudah diingatkan oleh Hersubeno, salah satu jurnalis justru tetap melakukan hal tersebut saat bertanya dengan alasan terkesan lebih sopan.

Menanggapi jurnalis itu, Rocky pun tidak memberinya izin bertanya dengan dalih sejak awal dia sudah meminta agar tak meminta izin saat mengajukan pertanyaan.[] Saptaningtyas

Posting Komentar

0 Komentar