Bolehkah Judul SN Menggunakan Kalimat Tanya?


TintaSiyasi.com -- Menggunakan kalimat tanya dalam menuliskan judul Straight News (SN) adalah boleh. Hal itu dinyatakan Coach Kelas Akademi Penulis Indonesia (KAPI) Joko Prasetyo saat menjawab pertanyaan peserta dalam diskusi di Grup WA KAPI, Sabtu (27/5/2023). 

Namun menurut lelaki yang biasa dipanggil Om Joy itu, ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin menulis judul dengan kalimat tanya. 

Pertama, memang diteras mengutip pernyataan narasumber yang mempertanyakan. Kedua, memang narasumbernya menggunakan diksi yang menunjukan bukan kepastian. 

"Narasumbernya menggunakan diksi, kalau tidak salah, kira-kira, sepertinya, mungkin, dan hal lain yang menunjukan bukan kepastian," paparnya. 

"Ketiga, memang terasnya mengutip prediksi narasumber," lanjutnya. 

Om Joy juga menambahkan tiga kemungkinan yang menjadi isi artikelnya seperti bisa jawaban yang positif, negatif dan menggantung/tidak ada jawaban. 

Om Joy menjelaskan bahwa tujuan dari pembuatan judul SN dengam kalimat tamya tersebut adalah agar muncul rasa penasaran dibenak para pembaca. 

"Agar pembaca juga jadi turut mempertanyakan sehingga mau membaca isi tulisannya untuk mendapatkan jawaban," pungkasnya.[] Cicin Suhendi

Posting Komentar

0 Komentar