Prinsip Keluarga dalam Islam Adalah Keluarga untuk Umat


TintaSiyasi.com — Cendekiawan Muslim Ustaz M.R. Kurnia mengatakan, prinsip keluarga dalam Islam adalah keluarga untuk umat. "Prinsip keluarga dalam Islam adalah keluarga untuk umat," ucapnya dalam Teman Berbuka: Keluarga Muslim Harus Peduli Umat di YouTube Khilafah Channel Reborn, Senin, 17 April 2023.

Oleh karena itu, Ustaz Rahmat menyampaikan bahwa dari keluarga akan lahir para pengemban dan pejuang Islam. "Keluarga di dalam Islam adalah tempat untuk membangun para pengemban Islam, tempat untuk berupaya menjadikan pejuang-pejuang Islam lahir dari sana, dari keluarga untuk umat," terangnya.

Ia juga menuturkan, takwa tidak cukup pada keluarga saja, tetapi mulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat atau umat. "Satu sisi keluarga yang diharapkan adalah keluarga yang takwa, keluarga yang punya rasa takut kepada Allah SWT, yang berupaya untuk menaati pencipta dan melakukan wahyu yang diturunkan oleh Allah kepada Rasul-Nya, kemudian mengamalkannya, lalu tidak cukup dalam keluarga, namun dari diri, keluarga kemudian kepada masyarakat atau umat," tuturnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, keluarga dalam Islam menginginkan semuanya selamat dunia dan akhirat, karena itulah harus peduli dengan kondisi dan realitas masyarakat. "Suatu keluarga di dalam Islam itu harus punya kepedulian terhadap kondisi masyarakat, terhadap realitas umat, sehingga bukan hanya dia ingin selamat sendirian, tetapi juga selamat keluarga. Bukan juga ingin selamat keluarga, tetapi ingin masyarakat atau umat ini selamat dunia akhirat, biar umat atau masyarakat ini mendapat berkah dari Allah SWT," ucapnya.

Walhasil, ia menilai, institusi keluarga turut berkontribusi dalam pembangunan masyarakat yang bertakwa. "Keluarga seorang Muslim adalah keluarga yang dia persembahkan, yang dia bentuk dalam rangka punya kepedulian terhadap umat, mereka akan berjuang, peduli terhadap masyarakat untuk membangun masyarakat yang takwa kepada Allah SWT," pungkasnya.[] Tenira

Posting Komentar

0 Komentar