Nicko Pandawa: Kita Diciptakan Untuk Menjadi Pemimpin


TintaSiyasi.com -- Sejarawan Islam Nicko Pandawa menyampaikan tujuan manusia ada di dunia ini adalah menjadi khalifah (pemimpin) yang memakmurkan bumi. 

"Inilah tujuan kita ada di dunia ini, menjadi khalifah! Menjadi pemimpin yang memakmurkan bumi, dan pahlawan yang membebaskan negeri dari kezaliman," tulisnya di akun Facebook Nicko Pandawa Banten, Ahad (23/4/2023). 

Ia tegaskan bukanlah tugas manusia diciptakan hanya untuk mencari makan dan bertahan hidup, tapi untuk menjadi pemimpin, pahlawan, yang pikirannya terpaku untuk membawa kebaikan bagi masyarakat, dan pengabdian. 

"Kehadiran para pemimpin yang menjadi lentera bagi masyarakat akan datang ketika mereka mampu bersabar," ujarnya. 

Dia mengutip firman Allah SWT  dalam surat Al-Ahzab ayat 23 yang artinya: “Dan Kami jadikan para pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami selama mereka sabar dan yakin kepada ayat-ayat Kami.”

Lanjut ia katakan Ramadhan adalah bulan yang menjadi madrasah bagi orang-orang beriman. Mereka menahan lapar dan haus, menahan syahwat dan amarah serta bersabar atas kondisi yang tidak normal. 

"Sehingga oleh karenanya, mereka pantas digelari dengan gelar pahlawan dan ksatria," katanya. 

Ia melanjutkan, melalui madrasah Ramadhan, kaum Muslimin dilatih untuk menjadi pahlawan, ksatria, pemimpin/khalifah yang telah digembleng dengan kesabaran. 

"Para pahlawan adalah mereka yang melaksanakan firman Allah SWT, "fa idza faraghta fanshob, wa ila rabbika farghab". Ketika mereka telah selesai dalam suatu urusan, mereka tidak lantas berleha-leha, tidak beristirahat dengan santai, dan menyerahkan perjuangan kepada generasi berikutnya," pungkasnya.[] Cicin Suhendi

Posting Komentar

0 Komentar