Kiai Labib: Kesesatan dan Keimanan Adalah Pilihan Manusia


TintaSiyasi.com -- Ulama Aswaja Kiai Rohmat S. Labib mengatakan bahwa kesesatan dan keimanan adalah pilihan manusia. 

"Bahwa kesesatan dan keimanan adalah pilihan manusia, itulah mengapa kaum Tsamud merupakan Kaum yang lebih memilih kesesatan daripada keimanan," ujarnya dalam Teman Berbuka: Pelajaran Penting dari Kaum yang Memilih Jalan Kesesatan di kanal YouTube Khilafah Channel Reborn, Selasa (18/4/2023). 

Ia katakan bahwa Kaum Tsamud lebih memilih kesesatan daripada keimanan sebagai pilihan mereka sebab mereka cinta pada kesesatan. 

"Mengapa? Karena Kaum Tsamud adalah Kaum yang melampaui batas yaitu yang mendusatakan Rasul," ucapnya. 

Lebih lanjut, Kiai Labib mengatakan bahwa menurut para ulama, yang dimaksud kata kadzaba tsamudu adalah mendustakan semua apa yang dibawa oleh Nabi, yakni perkara hidayah. Manusia itu bisa menolak atau menerimanya. Dan Kaum Tsamud menolak kebenaran dan keyakinan atau keimanan kepada Allah SWT. 

"Mereka lebih mencintai kesesatan, kebutaan atas petunjuk. Imam Al Qurtubi memaknai mereka lebih mencintai kekufuran daripada keimanan. Bahwa sesungguhnya kesesatan atau keimanan adalah pilihan mereka," tegasnya. 

Kembali ia katakan, bahwa mereka (Kaum Tsamud) mendustakan apa yang dibawa oleh Rasul disebabkan karena tindakan melampui batas mereka  mendustakan Rasul. "Ini seperti yang dikatakan oleh Ad Dawawi dalam tafsirnya, ketika kadzabat tsamudu bitaghwaha adalah tatkala mereka mendustakan Rasul," jelasnya. 

"Maka sesungguhnya ketika ada orang yang sudah mendapat petunjuk, lalu mereka menolak, sesungguhnya mereka telah memilih jalan kesesatan. Dan ini karena sikap dan tindakan mereka yang melampaui batas," tutupnya. [] Ma'arif Apriadi

Posting Komentar

0 Komentar