Inilah Tips Om Joy Agar Tetap Semangat Berdakwah Lewat Tulisan


TintaSiyasi.com -- Jurnalis Joko Prasetyo mengatakan setidaknya ada empat hal yang bisa dilakukan para penulis agar tetap semangat berdakwah melalui tulisan. 

"Mengingat empat hal ini akan membuat kita semakin bersemangat dan istiqamah,” tutur jurnalis yang biasa disapa Om Joy dalam acara Inspirasi Sore di kanal YouTube STT Hagia Sophia Sumedang. (Rabu, 19/04/2023) 

Pertama, ingatlah berdakwah itu hukumnya wajib, bukan hanya kewajiban habib, syekh, kiai dan ustaz saja tetapi kewajiban seluruh kaum Muslimin. "Bila kita memilih menulis menjadi salah satu uslub dalam berdakwah maka seriusilah. Jangan asal-asalan karena haram hukumnya menjalankan kewajiban dengan asal-asalan," jelas Om Joy 

Kedua, ingatlah bahwa sekali menulis dua tiga kewajiban tertunaikan. Beliau mengutip hadis Rasulullah SAW yang artinya: “Jagalah ilmu dengan menulis” hadis riwayat shahih al jamiy. Ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. 

“Sekali menulis juga bisa menjaga ingatan terkait satu ilmu yang diterima, karena sesungguhnya ketika menuliskannya dengan khusyuk dan khidmat itu sama saja dengan menghafalnya,” ungkapnya. 

Ketiga, Om Joy mengingatkan bahwa para penulis tetap mendapat pahala menulis meski tidak menulis. Bila menulis sudah di agendakan secara rutin dan tidak bisa menulis dikarenakan sakit atau pun berpergian, maka pahala menulis tetap didapat. "Syaratnya ketika tidak berhalangan, istiqamah melakukannya sebagai uslub dakwah," tuturnya. 

Keempat, Om Joy katakan berdakwah lewat tulisan itu salah satu mata air pahala jariyah. Ketika menulis dengan niat untuk menjaga ilmu itu mendapat pahala. Pahala akan terus bertambah dari setiap orang yang membacanya dan tercerahkan. 

“Nah ketika orang-orang yang tercerahkan mengamalkannya, pahala jariyah akan mengalir untuk penulis dan penyebar, penyebar itu orang yang nge-share tulisan ya, orang yang bagiin tulisan pahala terus bertambah ketika isi tulisan tersebut disebarkan atau diajarkan pula oleh mereka yang tercerahkan,” pungkasnya.[] Cicin Suhendi

Posting Komentar

0 Komentar