Banyak yang Gagal Paham, Ternyata Begini Pasrah yang Benar


TintaSiyasi.com -- Dalam wawancaranya bersama VJ Daniel Mananta, Ustaz Felix Siauw menjelaskan arti pasrah menurut konsep Islam.

“Orang banyak menganggap pasrah itu bersifat pasif. Tapi dalam Islam, pasrah itu berarti aktif. Artinya meminta tolong (kepada Allah) ketika kamu sudah hopeless (tanpa harapan),” jelasnya dalam video berjudul Rezeki Akan Selalu Datang Kepadamu – Daniel Tetangga Kamu diunggah di akun YouTube resmi Daniel Mananta Network Jumat (13/1/2023) lalu.

Ustaz muda tersebut memberi contoh pasrah aktif dalam kasus ban mobil yang pecah. “Bukan seperti ketika ban mobil kita pecah, lalu kita diam saja berharap Allah pasti mengirimkan orang baik ke sini untuk nambal ban,” terangnya kepada artis yang akrab disapa VJ Daniel tersebut.

“Dalam Islam, berserah itu anda keluar, pasang segitiga pengaman, keluarkan bannya, lalu perbaiki. Baru nanti ketika sudah tidak bisa lagi, tiba-tiba ada orang mau nolong,” imbuhnya.

Contoh lainnya adalah bagaimana Nabi Muhammad berdoa sebelum terjadi perang Badar, Felix menjelaskan bahwa ketika Nabi berdoa, beliau sudah terlebih dahulu menyiapkan pasukan perang, menyiapkan strategi paling bagus, serta melatih pasukannya hingga mereka yakin akan menang, dan lain sebagainya.

“Jadi bukan kayak berdoa saja tapi serdadunya enggak diurusin,” seru VJ Daniel menanggapi dan Ustaz Felix mengiyakannya. [] Nurichsan

Posting Komentar

0 Komentar