Istiqamah Harga Termahal Semua Jenis Kebaikan

TintaSiyasi. com -- Dewan Pembina Mutiara Umat Institute, Puspita Satyawati, S.Sos. menyebut, istiqamah adalah harga termahal semua jenis kebaikan.

"Istiqamah adalah harga termahal semua jenis kebaikan. Demikian salah satu quotes inspiratif tentang istiqamah, yang menggambarkannya sebagai sikap mulia dan butuh upaya tak biasa," tuturnya dalam segmen Kritik#7: Istiqamah di Jalan Dakwah, Benarkah Susah? di kanal YouTube Tintasiyasi, Kamis (24/11/2022). 

Bunda Puspita, sapaan akrabnya, menerangkan, istiqamah berarti teguh di atas jalan yang lurus yaitu Islam yang terdiri dari akidah dan syariah. Ia menyitir firman Allah SWT,

“Sungguh (Islam) inilah jalan-Ku yang lurus. Karena itu ikutilah jalan itu. Janganlah kalian mengikuti jalan-jalan lain karena pasti menceraiberaikan kalian dari jalan-Nya. Yang demikian Allah perintahkan agar kalian bertakwa.” (QS. al-Anam: 153)

Ia menjelaskan, keistiqamahan hanya bisa diwujudkan dengan mengikuti Islam, meyakini akidahnya, mengamalkan syariatnya, serta mengikuti manhaj dan sistemnya.

"Istiqamah dalam totalitas ketaatan kepada Allah yang akan mengantarkan kita pada keselamatan dan keberkahan," ujarnya. 

Selain istiqamah menjalankan Islam, ia mengingatkan, Allah SWT juga memerintahkan umtuk istiqamah mendakwahkan Islam. Sebagaimana firman Allah SWT, “Karena itu serulah (mereka) dan istiqamahlah sebagaimana kamu diperintah demikian dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka.” (QS. Asy-Syura: 15)

Namun, Redaktur Topswara.com ini mengulas, keteguhan dalam berdakwah tentu tak luput dari berbagai ujian. Sebagaimana firman Allah SWT, “Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya berkata, ‘Kapankah datang pertolongan Allah?’ Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.” (QS. Al Baqarah: 214)

"Dalam aktivitas apa pun, istiqamah tentu dibutuhkan. Bagaimana mungkin seseorang atau kelompok mampu meraih tujuannya jika tak memiliki sikap ini? Terlebih dalam dakwah Islam," pungkasnya. [] Alfia Purwanti 

Posting Komentar

0 Komentar