Nabi Muhammad SAW Berhasil Melakukan Transformasi Spiritual dan Material


TintaSiyasi.com -- Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto memaparkan bahwa Nabi Muhammad SAW telah berhasil melakukan sebuah transformasi spiritual dan material. 

"Nabi Muhammad SAW telah berhasil melakukan sebuah transformasi spiritual dan material," ungkapnya dalam acara Maulid Leadership Forum 1444 H, yang tayang secara hybrid, Sabtu (8/10/2022).

Lebih lanjut UIY mengatakan, transformasi spiritual artinya telah membawa manusia yang pada waktu itu hidup di dalam kejahiliahan atau pandangan kejahiliahan, yang hanya bertumpu pada hal-hal material menjadi memiliki pandangan yang bersifat spiritual yaitu pandangan akhirat.

"Pandangan akhirat ini penting sekali, karena pandangan akhirat itu yang membedakan antara peradaban yang dibangun oleh Rasulullah SAW dengan peradaban-peradaban lainnya, itulah dimensi spiritual," bebernya.

Mengenai dimensi material, ia menilai, peradaban manusia adalah peradaban dunia artinya kepemimpinan yang dibangun oleh Rasulullah SAW adalah kepemimpinan yang bisa dijejaki di dunia.


Gerakan Transformasi

Gerakan transformasi yang dilakukan oleh Rasulullah dikatakan UIY, tidak berhenti walaupun Rasulullah SAW telah meninggal, pemeluk Islam saat ini 1,7 miliar setelah 1.400 tahun menjadi bukti bahwa transformasi yang dilakukan Rasulullah telah mengubah dari dimensi personal menjadi dimensi komunal. 

Selain itu ia menyebut Michael H Hart seorang pengarang buku The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History telah menempatkan Nabi Muhammad SAW sebagai orang yang paling berpengaruh No. 1 sebagai bukti lain yang menunjukkan kemampuan energi transformasi yang dari nol menjadi sesuatu yang luar biasa. 

"Bukan hanya transformasi personal, transformasi komunal bahkan transformasinya masih berjalan sampai hari ini," pungkasnya. [] Heni

Posting Komentar

0 Komentar