Script Writer JKDN 2: Bahasa Indonesia Bukti Peninggalan Budaya Islam


TintaSiyasi.com – Script Writer film Jejak Khilafah di Nusantara II (JKDN 2) Nur Fajarudin mengungkapkan bahwa Bahasa Indonesia ternyata ada hubungannya dengan bukti peninggalan budaya Islam. 

“Bahasa Indonesia yang setiap hari murid-murid di sekolah (gunakan) ternyata ada hubungannya dengan Islam. Ini adalah bukti peninggalan budaya Islam," tuturnya dalam film Jejak Khilafah di Nusantara 2 (JKDN2), Rabu (20/10/2021). 

Ia menjelaskan, ada seorang ulama yang mengarang banyak kitab, salah satunya kitab Tata Bahasa. Dalam kitab tersebut Bahasa Melayu yang nanti digunakan sebagai Tata Bahasa di Malaysia termasuk Tata Bahasa Indonesia. 

“Apabila kita belajar Bahasa Indonesia murid-murid hanya mengenalnya sebagai pengarang gurindam 12 Raja Ali Haji beliau seorang keponakan Sultan, sepupu dari Wazir Agung atau Raja Muda di Pulau Penyengat Kesultanan Riau Lingga yang menguasai Selat Malaka beliau pernah belajar di Makkah dan kemudian mengarang banyak sekali kitab-kitab salah satunya kitab Tata Bahasa,” terangnya. 

Ia mengungkapkan, Bahasa Melayu adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan oleh kaum Muslim setelah Bahasa Arab, bahkan di Abad ke 16 sampai 18, bahasa Melayu menjadi bahasa kedua menjadi bahasa komunikasi di Makkah dan Madinah. 

“Karena saking banyaknya jumlah jamaah haji dan pemukim dari Nusantara dan itu belum terungkap. Bahwa bahasa Indonesia ada hubungannya dengan Islam,” pungkasnya [] Atikah Nur

Posting Komentar

0 Komentar