TINTASIYASI.COM ...Tinta Emas Pengukir Peradaban Gemilang...

Kelas Feature Kamis Esok Menanti



TintaSiyasi.com-- Sabtu (26/9/2020) kemarin, ada pesan singkat via whatsapp untuk mengikuti kelas jurnalistik setiap kamisnya. Untuk kamis mendatang sudah masuk pada materi bagaimana menulis feature. Di antara materi yang sudah dipelajari adalah bagaimaan menulis straight news

Kegiatan ini diisi oleh Jurnalis Media Umat, Joko Prasetyo. Ia biasanya akrab dipanggil om Joy. Bersyukur sekali siapa saja yang dapat megikuti kelas ini, karena akan dilatih berbagai macam cara kepenulisan di dalam jurnalistik. Dapat banyak teman dan saudara serta ilmu yang bermanfaat. 

Berbagai komunitas media sosial juga ikut berpartisipasi, di antaranya ada tintasiyasi.com, berandaislam.com, dan teman-teman dari berbagai daerah. Mereka semua rata-rata pegiat sosial dan aktif dalam berbagai aktivitas dakwah.
 
Salah satu tujuan dari kelas ini adalah juga untuk berdakwah. Hal ini juga semakin dipertegas oleh Om Joy dalam pesan singkatnya kemarin.

“Semoga kemampuan menulis feature yang didapat nanti bisa jadi wasilah dakwah dan berlimpahnya pahala jariah untuk kita semua. Aamiin,” tulisnya.

Tidak terasa ternyata sudah masuk kelas bagaimana menulis feature. Padahal terkait kelas sebelumnya yakni membuat straight news masih banyak kekurangan. Semakin banyak belajar semakin terasa banyak kekurangan. Namun para peserta tetap antusias untuk mengikutinya.

Pada kelas feature ini terdapat tugas awal sebagai syarat untuk mengikutnya. Para peserta diberikan bahan bacaan berupa feature dari pemateri. Bacaan tersebut dapat dibaca dengan santai, dinikmati dengan sembari membayangkan informasi dalam feature tersebut. 

Setelah membacanya maka para peserta diberikan beberapa pertanyaan yang akan dibahas nanti pada kelas tersebut.
Perlu diketahui, kelas ini dilakukan secara online. Memanfaatkan fasilitas zoom tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikutinya. 

Walaupun memang beberapa gangguan kecil seperti tidak ada kuota, sinyal kurang mendukung, bahkan ada yang mengikuti kegiatan sambil dibarengi dengan melakukan aktivitas kerja sehari-hari. Hal ini menunjukkan semangat peserta tidak kalah dengan berbagai kendala yang ada.

Kelas feature Kamis esok menanti, para peserta “berjibaku” dengan tugas dan tentunya berlatih sambil dibimbing adalah proses belajar-mengajar yang dilewati dengan keikhlasan sembari mengharapkan ridha Allah sudah tertanam dalam hati baik bagi pemateri maupun peserta. Hal ini lah yang menjadikan kelas ini insya Allah mendapatkan keberkahan.[]

Oleh: Wandra Irvandi, peserta Coaching with Om Joy

Posting Komentar

0 Komentar