Ustaz Ageung Suriabagja Beberkan Keutamaan Sedekah Subuh


TintaSiyasi.com -- Cendekiawan Muslim dan Pengajar Cinta Qur’an Center Ageung Suriabagja, M.Ag. mengatakan, ini keutamaan sedekah waktu subuh yang terdapat dalam sebuah Hadis riwayat Bukhari Muslim.

“Inilah keutamaan sedekah di waktu subuh dalam sebuah Hadis riwayat Bukhari Muslim,” ujarnya dalam Kajian Hadis Tematik, EP.1076, Jangan Sampai Terlewat Ini Bulan Syawal, Rabu (27/4/2023), di Youtube Ngaji Subuh.

Dikatakan olehnya, para malaikat mendoakan kelancaran rezeki kepada mereka yang berinfak di waktu subuh. “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat,” paparnya.

“Salah satu di antara keduanya berdoa, "Ya Allah berilah ganti bagi orang yang berinfak’. Sedangkan, yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya". Hadis riwayat Bukhari dan Muslim,” tambahnya.

Pada waktu subuh, ia menjelaskan, malaikat turun dan mendoakan mereka yang beribadah di waktu subuh. “Jika mereka terjaga di waktu subuh dan berinfak, sungguh apa yang ia lakukan disaksikan dan didoakan para malaikat,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, perbanyaklah ibadah dan berdoa di kala itu, supaya hajat yang sedang diupayakan dikabulkan oleh Allah SWT.

“Tetapi hidup di dunia ini tak semulus yang diharapkan, ada saja godaan dan bisikan yang melalaikan,” katanya.

“Betapa licik dan jahatnya setan yang mengembuskan ketakutan kepada manusia. Setan mengembuskan takut miskin, supaya manusia enggan untuk berinfak di jalan Allah SWT,” tambahnya lagi.

Padahal, menurutnya, balasan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT, tidaklah main-main. “Setan menakut-nakuti kalian akan kemiskinan, agar kalian menahan harta di tangan kalian dan tidak kalian infakkan untuk mencari ridha Allah SWT,” ungkap Cinta Qur’an Center itu.

Andai saja, ia mengimbau, manusia memahami betapa dahsyatnya sedekah. “Tentu mereka akan berlomba-lomba dalam menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT,” pungkasnya. [] Mariyam Sundari

Posting Komentar

0 Komentar