Krisis Inggris, Warga Sakit Mental Hingga Perempuan Jadi PSK: Inikah Bukti Gagalnya Kapitalisme?


TintaSiyasi.com —Ancaman krisis pangan di Inggris sudah menghantui sejak tahun lalu. Prediksi resesi global di tahun 2023 juga membayangi dunia. Sedihnya, krisis pangan yang terjadi membuat warga Inggris sakit mental hingga menuntut perempuan menjual dirinya demi mempertahankan hidup. Ya, dikonfirmasi dari CNBCIndonesia.com (23/5/2023), kaum perempuan di Inggris terpaksa melakukan seks untuk bertahan hidup karena krisis yang melanda negeri tersebut. Fakta ini muncul berdasarkan data badan amal Inggris, Beyond the Streets.

Badan amal Beyond the Streets juga mengatakan krisis biaya hidup mendorong mereka yang sudah rentan untuk beralih ke seks untuk bertahan hidup guna memenuhi biaya tagihan dan sewa, yang mengarah pada peningkatan eksploitasi dan pelecehan. Kejadian yang menimpa Inggris seolah menjadi peringatan dunia soal ancaman krisis yang mudah terjadi dalam sistem ekonomi kapitalisme. Tingginya inflasi yang memicu krisis pangan dan terjadinya eksploitasi perempuan nyata dan ekonomi kapitalisme yang diterapkan di mayoritas negara di dunia ini.

Di Balik Krisis Pangan di Inggris yang Memicu Perempuan Jadi PSK

Sungguh miris, ketika kita mendengar perempuan terpaksa menjual dirinya demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Apalagi demi makan dan mendapatkan tempat tinggal mereka terpaksa menerima pelecehan seksual yang dilakukan kepadanya. Hal ini seolah-olah mengonfirmasi kebobrokan dan kebusukan sistem kapitalisme yang hari ini menjadi kiblat dunia untuk mengatur kehidupan. Sejatinya sistem inilah yang memelihara keserakahan tetap terjadi dan penjajahan senantiasa berjalan di dunia ini.

Tingginya inflasi menjadi penyebab terjadinya krisis di Inggris dan sejatinya yang menimpa Inggris adalah sebuah keniscayaan dalam sistem kapitalisme. Kapitalisme menjamin terjadinya krisis setiap beberapa tahun. Ketika krisis terjadi tentunya rakyat yang paling terdampak dan menjadi korban atas krisis yang terjadi. Sedihnya, ancaman krisis hari ini berpotensi menimpa seluruh negara terkhusus Indonesia.

Ada beberapa catatan penyebab krisis di Inggris yang patut diwaspadai dan dijadikan catatan oleh Indonesia. Pertama, inflasi di Inggris menyebabkan harga bahan pangan naik menggila. Krisis pangan yang melanda Inggris diakibatkan karena kebutuhan pangan mereka bergantung pada impor, ketika ada kendala impor maka harga pangan meroket. Hal ini perlu dijadikan catatan pentingnya berdikari dalam mengembangkan pangan, terutama Indonesia sebagai negara agraris seharusnya bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan, sehingga tidak bergantung dengan impor dan mampu stabil dalam memenuhi kebutuhan pangan di negaranya. 

Dikutip dari CNBCIndonesia.com, Agustus 2022, inflasi Inggris berada di level 9,9% secara year-on-year (yoy). Hal ini terjadi saat harga pangan di negara itu naik karena krisis biaya hidup terus berlanjut. Untuk inflasi inti, yang tidak termasuk energi yang mudah menguap, makanan, alkohol dan tembakau. Ini naik 0,8% secara bulan ke bulan dan 6,3% secara tahunan.

Kedua, kenaikan sumber energi. Migrasi dari batu bara ke gas alam menyebabkan permintaan gas alam naik dan kenaikan harganya juga. Selain itu, kenaikan bahan bakar energi dipicu oleh perang yang terjadi di Rusia dan Ukraina yang belum usai. Seharusnya ini jadi cambuk Indonesia, pentingnya mengelola energi sendiri dan tidak bergantung pada Barat. Inggris jatuh miskin karena kenaikan sumber energi di sana. Di Indonesia hari ini melimpah sumber daya alam, tetapi malah dikapitalisasi dan dikuasai swasta asing. Walhasil, energi yang melimpah justru 'dirampok' oleh asing dan rakyat Indonesia dijadikan pasar oleh perusahaan asing agar membeli produknya yang disedot dari Indonesia sendiri. 

Ketiga, ambruknya mata uang poundsterling dan kenaikan suku bunga di Inggris. Yang menjadi pemicu terjadinya krisis adalah mata uang kertas dan sistem riba yang menjadi darah ekonomi kapitalisme. Bunga atau riba inilah yang berpotensi bikin kredit macet, ketika ada lesunya pembayaran utang berbunga, di situlah potensi krisis hingga resesi itu terjadi. Krisis maupun resesi itu adalah penyakit bawaan ekonomi kapitalisme. Indonesia harus memahami ini agar bisa keluar dari ancaman krisis kapitalisme. 

Perlu disadari, krisis di Inggris diakibatkan oleh sistem ekonomi kapitalisme. Apabila Indonesia berkaca dari Inggris dan tidak ingin bernasib sebagaimana Inggris harus keluar dari lingkaran setan ekonomi kapitalisme, yaitu dengan membangun ekonomi Islam. Solusi ekonomi Islam ini bukan solusi egosentris kaum Muslim yang menjadi mayoritas di Indonesia, tetapi hanya sistem Islam yang mampu menyelematkan umat manusia dari ancaman krisis apa pun. Syariat Islam tidak hanya menyelamatkan umat Islam tetapi juga umat lain yang berada dalam naungan Islam. Ketika Islam kaffah yang diterapkan, kehormatan umat manusia terjaga dan tidak direndahkan maupun dilecehkan seperti binatang. Hanya Islam sistem yang memanusiakan manusia.

Dampak Pelecehan dan Eksploitasi terhadap Perempuan

Perempuan yang terpaksa menjual dirinya demi kepentingan dunia tidak hanya terjadi di Inggris. Tetapi, di mana-mana juga banyak. Yang paling bikin sedih adalah krisis yang melanda Inggris tidak bisa dituntaskan negara, sehingga banyak perempuan harus open BO demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Pertanyaannya, apakah krisis ini akan menjadi pintu gerbang perbudakan wanita di Inggris? Hanya demi mendapatkan sesuap nasi mereka harus menyerahkan kemuliaan dan kehormatan sebagai seorang wanita.

Ada beberapa dampak apabila seks dijadikan pekerjaan. Pertama, rusaknya tatanan sosial. Tidak ada kejelasan siapa bapak setiap anak yang dilahirkan dari hubungan zina. Apalagi zina ini dijadikan ladang untuk mendapatkan uang. Ini sungguh tidak pantas, bahkan lebih hewan daripada hewan. Bagaimana bisa manusia yang dikaruniai akal tidak bisa mencari uang dari jalan yang benar dan lebih memilih merendahkan dirinya demi sesuap nasi?

Kedua, maraknya gangguan mental. Krisis yang terjadi dan eksploitasi perempuan sejatinya berdampak besar pada kejiwaan pelakunya. Oleh karena itu, jiwa mereka terancam dan berpotensi mengalami gangguan kejiwaan. Ketiga, maraknya penyakit kelamin. Ancaman HIV AIDS, sipilis, dan lainnya bisa mengancam dan menjadi pembunuh nomor satu di sana ketika perzinaan dijadikan ladang bisnis.

Inilah salah satu kegagalan kapitalisme dalam menjaga nyawa dan kehormatan umat manusia. Anehnya mengapa sistem yang penuh syahwat dan buasnya hawa nafsu ini dibiarkan dan dilestarikan di negeri ini? Di sinilah pentingnya edukasi ke umat dan terus berdakwah untuk memahamkan kapitalisme sekuler adalah biang kerok kebobrokan dan kehancuran di dunia ini. Solusi yang patut diperjuangkan oleh berbagai kalangan adalah dengan diterapkan sistem Islam secara kaffah. Selain sistem ini anti krisis, sistem ini juga menjaga kemuliaan dan kehormatan umat manusia.

Strategi Islam Menyegarkan dan Melindungi Kemuliaan Perempuan

Hanya Islam yang mampu menjaga kemuliaan dan kehormatan perempuan. Berbeda dengan sistem kapitalisme yang memperbudak perempuan dan mengeksploitasi mereka demi menuruti hawa nafsu kaum kapitalis. Islam menjaga perempuan dengan syariat Islam. Penerapan syariat Islam dalam lingkup individu, masyarakat, dan negara mampu menjaga perempuan dari ancaman eksploitasi dan pelecehan terhadapnya. 

Bukti bahwa Islam mampu memuliakan perempuan yaitu sebagai berikut. Pertama, di dalam Islam perempuan adalah bagian dari anggota keluarga yang wajib dinafkahi. Apabila ia menjadi anak, ia dinafkahi ayahnya. Jika ayahnya tiada, keluarga laki-laki dari ayahnya wajib menafkahinya, jika tidak ada nafkah ditanggung oleh negara. Apabila ia menjadi istri, ia wajib dinafkahi suaminya. Jika suaminya meninggal ia kembali menjadi anak dan orang tuanya bertanggung jawab atas penghidupannya. 

Kedua, perempuan dibolehkan bekerja asalkan pekerjaan yang ia tekuni tidak membuat mereka tidak keluar dari koridor syarak. Pekerjaan yang bisa dilakukan tidak memaksa mereka membuka aurat dan eksploitasi terhadap dirinya. Islam secara tegas mengharamkan perempuan untuk menjadi PSK karena dalam Islam segala bentuk perzinaan adalah kejahatan yang harus ditumpas negara. Praktik prostitusi dicegah dan dihukum cambuk atau rajam sebagaimana Islam mengaturnya. Oleh karenanya, perempuan akan berpikir seribu kali ketika ia terjun ke dunia kerja dan akan berhati-hati memilih pekerjaan agar tugas mulianya sebagai umu warobatul bait tidak terabaikan. 

Ketiga, sistem pergaulan Islam menjamin laki-laki dan perempuan berjalan sesuai aturan Islam. Sekalipun terjadi pelanggaran, sanksi yang diterapkan dalam hukum Islam adalah sanksi jera yang berfungsi sebagai zawabir (pencegah) dan jawazir (penebus dosa). Oleh karena itu, kekhawatiran akan terjadinya eksploitasi perempuan bisa ditekan dan perempuan dapat hidup sejahtera serta mulia.

Dalam Islam kemuliaan wanita sangat dijaga. Mekanisme menutup aurat adalah salah satu cara menjaga kemuliaan Islam. Oleh karena itu, tidak ada cara lain kecuali Islam untuk menjaga kehormatan perempuan. Tidak hanya perempuan, seluruh umat manusia akan sejahtera dan dijaga kehormatannya apabila berada di dalam naungan Islam kaffah. Karena hanya Islam, sistem yang mampu memanusiakan manusia. Selain Islam, manusia dijadikan budak oleh sistem-sistem buatan manusia yang berkiblat pada syahwat dan hawa nafsu mereka semata.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.

Perlu disadari, krisis di Inggris diakibatkan oleh sistem ekonomi kapitalisme. Apabila Indonesia berkaca dari Inggris dan tidak ingin bernasib sebagaimana Inggris harus keluar dari lingkaran setan ekonomi kapitalisme, yaitu dengan membangun ekonomi Islam. Solusi ekonomi Islam ini bukan solusi egosentris kaum Muslim yang menjadi mayoritas di Indonesia, tetapi hanya sistem Islam yang mampu menyelematkan umat manusia dari ancaman krisis apa pun. Syariat Islam tidak hanya menyelamatkan umat Islam tetapi juga umat lain yang berada dalam naungan Islam. Ketika Islam kaffah yang diterapkan, kehormatan umat manusia terjaga dan tidak direndahkan maupun dilecehkan seperti binatang. Hanya Islam sistem yang memanusiakan manusia.

Inilah salah satu kegagalan kapitalisme dalam menjaga nyawa dan kehormatan umat manusia. Anehnya mengapa sistem yang penuh syahwat dan buasnya hawa nafsu ini dibiarkan dan dilestarikan di negeri ini? Di sinilah pentingnya edukasi ke umat dan terus berdakwah untuk memahamkan kapitalisme sekuler adalah biang kerok kebobrokan dan kehancuran di dunia ini. Solusi yang patut diperjuangkan oleh berbagai kalangan adalah dengan diterapkan sistem Islam secara kaffah. Selain sistem ini anti krisis, sistem ini juga menjaga kemuliaan dan kehormatan umat manusia.

Dalam Islam kemuliaan wanita sangat dijaga. Mekanisme menutup aurat adalah salah satu cara menjaga kemuliaan Islam. Oleh karena itu, tidak ada cara lain kecuali Islam untuk menjaga kehormatan perempuan. Tidak hanya perempuan, seluruh umat manusia akan sejahtera dan dijaga kehormatannya apabila berada di dalam naungan Islam kaffah. Karena hanya Islam, sistem yang mampu memanusiakan manusia. Selain Islam, manusia dijadikan budak oleh sistem-sistem buatan manusia yang berkiblat pada syahwat dan hawa nafsu mereka semata.[]

Oleh: Ika Mawarningtyas
Dosol Uniol 4.0 Diponorogo dan Direktur Mutiara Umat Institute 

Materi Kuliah Online Uniol 4.0 Diponorogo, Rabu, 24 Mei 2023 di bawah asuhan Prof. Dr. Suteki, S.H., M. Hum. #Lamrad #LiveOpperessedOrRiseUpAgainst

Posting Komentar

0 Komentar