Inilah Satu Perkara yang Harus Ada pada Diri Kita


TintaSiyasi.com -- Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto (UIY) menjelaskan pada diri setiap Muslim mesti memiliki keimanan yang kokoh bahwa Al-Qur'an itu sungguh Kalamullah. 

"Satu perkara yang mesti ada pada diri kita, apa itu? Yaitu keimanan yang kokoh sekokoh-kokohnya bahwa Al-Qur'an yang ada pada kita ini hari adalah sungguh-sungguh Kalamullah," tegasnya dalam unggahan video: Cara Menambah Keyakinan bahwa Al-Qur'an Kalamullah, Jumat (26/5/2023) di kanal YouTube UIY Official. 

Ia sampaikan bahwa semua perkara yang terkait dengan Al-Qur'an berpangkal dari sejauh mana meyakini bahwa Al-Qur'an Kalamullah. "Semangat kita membaca atau tilawah Al-Qur'an bergantung kepada seberapa kokoh kita punya keyakinan Al-Qur'an itu Kalamullah," ungkapnya. 

Ia sampaikan semakin kokoh semakin semangat untuk membaca Al-Qur'an, mentadabburi, mengkaji isinya, mengamalkan dan memperjuangkannya.
"Semua itu bergantung kepada seberapa kuat, seberapa kokoh kita punya keyakinan kepada Al-Qur'an bahwa Al-Qur'an itu sungguh-sungguh Firman Allah," tegasnya. 

UIY menjelaskan bahwa orang yang keimanannya  kokoh, ketika dibacakan ayat tentang janji Allah dia akan optimis. Ketika dibacakan ayat tentang kewajiban bersemangat mengamalkan, bergetar hatinya. Ketika disebut nama Allah, dan ketika dibacakan ayat-ayat Allah bertambah imannya. 

"Dibacakan ayat tentang surga seperti para sahabat dulu, itu berninar-binar matanya, bersemangat menjalani kehidupan dan ketaatan kepada Allah. Karena dia berharap akan menjadi bagian dari ayat yang disebut, dibacakan kepada mereka," jelasnya. 

Ia juga menyampaikan bahwasannya orang beriman saat mendengar ayat-ayat tentang neraka bergetar hati dan jiwanya. 

"Muncul rasa takut luar biasa karena khawatir diakhir hidupnya mati dalam keadaan su'ul khotimah lalu menjadi bagian dari yang disebut pada ayat-ayat itu," pungkasnya.[]Cicin Suhendi

Posting Komentar

0 Komentar