Tiga Hal agar Kita Menggapai Sukses-Sukses Berikutnya

Tintasiyasi.com -- Sobat. Pikiran  adalah space of possibility, ruang-ruang kemungkinan. Realitas adalah space of action, ruang kenyataan dan pembuktian, aktualisasi diri, aksi nyata bukan sekadar kata-kata. Kalau kita berpikir sukses dan bahagia, maka kita akan sukses dan bahagia. Kalau kita berpikir gagal, kalah dan menderita, maka kita pun akan gagal kalah, gagal dan menederita. Allah mengikuti persangkaan hamba-Nya.

Pertama, Terus memprogram pikiran kita sesuai dengan tantangan-tantangan baru. Kita bisa memprogram pikiran kita dengan mengontrol apa yang masuk dalam pikiran kita dan secara masif memantapkan keyakinan diri. Kita bisa mengontrol apa yang masuk dalam pikiran kita. Dengan mensyukuri apa pun yang kita raih dalam hidup, kita bisa mengambil manfaat dari setiap kejadian yang terjadi pada diri kita dan pada akhirnya kita memiliki keyakinan diri positif.

Sobat, keyakinan diri positif  menyebabkan kita bertindak untuk mencapai apa yang kita inginkan berikutnya atau target-target kita ke depan. Karena bertindak, 99% potensi dahsyat otak terbuka untuk mencari cara agar mencapai hasil optimal. Karena kita mencapai hasil optimal, maka keyakinan diri kita semakin meningkat dan seterusnya. Akhirnya kita akan terus saja bertumbuh meraih target-target berikutnya di sepanjang hidup kita.

Kedua, mengetahui dan memutuskan apa yang betul-betul kita inginkan dalam hidup. Banyak diantara kita merasa gagal dan tidak bahagia karena tidak tahu apa yang betul-betul kita inginkan dalam kehidupan kita. Pekerjaan yang terbaik bagi kita adalah yang sesuai dengan passion. Passion ini tidak hanya membuat kita sukses secara finansial, tetapi juga membuat kita selalu bergairah, sehingga bekerja dengan penuh kegembiraan dan banyak contoh orang yanga bekerja sesuai dengan passionnya menghasilkan mahakarya yang dikenal dalam sejarah.

Bill Gates mengatakan ; "Mempertahankan fokus adalah kunci sukses. Anda seharusnya memahami bidang komptensi dan keterampilan anda serta menghabiskan waktu serta energi anda di sana.” Adapun Steve Jobs  menyatakan ; “ Satu-satunya jalan  untuk mencapai  kepuasan sejati adalah melakukan apa yang kita yakini.” kemudian
Sylvester Stallone pun pernah berkata ;  "Pemenang adalah mereka yang sungguh-sungguh mendengarkan isi hatinya.”

Ketiga, Mengetahui dan memutuskan sendiri kriteria sukses bagi diri kita. Saya secara pribadi mendefinisikan sukses itu suatu proses perjalanan hidup dalam kerangka menggapai ridho Allah Swt dan terus menciptakan nilai tambah diri dan memiliki kebermanfaatan yang tinggi terhadap sesama.

Sukses adalah bagaimana sejak detik ini juga dan seterusnya kita menjadi lebih baik dalam hal ; Fisik (tubuh sehat dan enerjik, penampilan oke dan wajah yang menyenangkan), Mental spiritual (mantap beribadah dan berdakwah, cepat bangkit bila mengalami kegagalan dan terus berusaha meraih outcome dan memiliki hubungan social sangat baik), Finansial  (keuangan aman dan mencukupi), kontribusi (memiliki manfaat nyata bagi sesama atau umat manusia), mampu menikmati kesuksesan (bersyukur dengan apa yang kita capai dalam hidup saat ini, karena saat ini juga kita telah meraih banyak kesuksesan dan akan meraih sukses-sukses berikutnya).

Sobat. Pikiran kitalah  yang akan mengarahkan apakah kita lebih banyak merasakan kenikmatan (bersyukur)  dengan kehidupan yang kita raih atau terus mengalami kepedihan (menyesali) kehidupan yang kita raih. Dengan lebih banyak mensyukuri hidup, kita lebih optimis menghadapi segala tantangan hidup. Dengan lebih optimis kesuksesan-kesuksesan berikutnya lebih mudah tercapai. Saya yakin anda punya definisi sukses sendiri yang betul-betul sesuai dengan hidup anda.

Sobat. Semua orang berada dalam proses pertumbuhan. Tidak ada gunanya membebani anak-anak atau orang dewasa dengan dikotomi pemikiran yang merusak, yang membagi manusia menjadi kelompok yang mampu dan tidak mampu. Yang lebih penting ada kemauan keras untuk berubah menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. 

Sobat. Kalau kita berpikir menang, jalan kan terbentang, kekuatan tergalang, halang rintang yang menghadang kita terjang. Kesulitan dijadikan peluang untuk berjuang dan menang.
Salam Dahsyat dan Luar Biasa![]

DR.Nasrul Syarif M.Si.
(Penulis Buku Gizi Spiritual dan Buku BIGWIN )

Posting Komentar

0 Komentar