Inilah Akibat Buruk Jika Dakwah Tidak Berjalan


TintaSiyasi.com -- Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto memaparkan akibat-akibat buruk jika dakwah tidak berjalan. "Ada beberapa akibat-akibat buruk, jika dakwah ini tidak berjalan," ujarnya dalam rubrik Kajian Inspirasi Dakwah: Dakwah Poros Hidup, di YouTube Ngaji Shubuh, Rabu (16/11/2022).

Ia memberikan contoh, seperti munculnya kekufuran, kemusyrikan, fasad atau kerusakan akibat diterapkannya hukum jahiliyah. “Di dunia ini cuma ada dua, hukum yang datang dari Allah SWT dan hukum yang datang bukan dari Allah SWT," terangnya.

UIY menjelaskan, Kalau hukum datang dari Allah SWT adalah hukum yang berdasarkan ilmu, pengetahuan, karena Allah itu ‘alimul ghaibi wasyahadah. "Maka, hukum yang datang dari selain Allah SWT, itu pasti hukum yang tidak didasarkan kepada ilmu. Itulah hukum jahiliah, didasarkan kepada kebodohan,” urainya.

Lebih jauh UIY menggambarkan kehidupan akibat tak ada dakwah. Jika risalah Islam bertujuan untuk tegaknya kehidupan Islam di bawah naungan Khilafah, maka yang akan terjadi jika dakwah tidak dilakukan, bukan tegak kehidupan Islam, tapi kehidupan jahiliyah di bawah naungan adikuasa jahiliyah. 

"Jika khilafah itu memancarkan kerahmatan Islam, maka adikuasa jahiliyah memancarkan keangkaramurkaan. Jika kerahmatan itu maknanya adalah keadilan, ketentraman, kedamaian, bahkan juga kesucian dan keberkahan, maka adikuasa jahiliah itu memancarkan semua hal yang berkebalikan dari itu," paparnya.

Ia meyakinkan bahwa hukum jahiliyah tidak akan bisa memberi keadilan, tapi ketidakadilan. Bukan kerahmatan tapi kerusakan. Bukan kesejahteraan tapi kemiskinan, ketimpangan. Bukan ketentraman, tapi keributan, perang yang tidak pernah berhenti. Bukan kesucian, tapi kekotoran. Bukan keberkahan, tapi penuh dengan pertentangan dan keangkaramurkaan.

"Jika risalah Islam itu ditegakkan untuk mewujudkan ridha Allah SWT, maka ketika tidak dilakukan, yang ada bukan ridha Allah, tapi murka Allah,” pungkasnya.[] Binti Muzayanah

Posting Komentar

0 Komentar