Ambil Tanggung Jawab 100 Persen atas Kehidupan Anda!


TintaSiyasi.com -- Sobat. Jika Anda ingin berhasil, Anda harus bertanggung jawab 100% atas semua yang Anda alami dalam kehidupan Anda. Hal ini termasuk tingkat prestasi Anda, hal-hal yang Anda hasilkan, mutu hubungan Anda, kondisi kesehatan dan kebugaran fisik Anda, penghasilan Anda, utang anda, perasaan Anda – ya semuanya!

Sobat. Kenyataannya kebanyakan dari kita sudah terkondisi menyalahkan sesuatu di luar diri kita sendiri atas bagian kehidupan kita yang tidak kita sukai. Kita menyalahkan orang tua kita, atasan kita, teman kita, rekan kerja kita, klien kita, pasangan kehidupan kita, media, cuaca, kondisi ekonomi, buruknya keuangan kita – ya apa pun dan siapa pun yang bisa kita jadikan kambing hitam. Kita tak pernah mau melihat ke sumber masalahnya – yakni diri kita sendiri.

Sobat. Dikisahkan ada seseorang lelaki yang sibuk sekali mondar-mandir memutari rumahnya dan berlutut seperti sedang mencari sesuatu yang hilang. Tetangganya yang lewat bertanya apa yang sedang dia cari, Ia menjawab bahwa sedang mencari kuncinya yang hilang. Maka tetangganya menawarkan bantuan lalu ikut berlutut dan mengitari rumahnya dan membantunya mencari kunci itu. Hampir satu jam lebih mencari tanpa hasil, kemudian tetangganya berkata, ”Kita sudah mencari ke mana-mana dan belum menemukannya, Anda yakin kunci itu hilang di sini?” Maka lelaki itu menjawab, ”Tidak, saya kehilangan kunci itu di rumah karena listrik di rumah padam sehingga gelap, maka saya cari di luar rumah karena lebih terang dan lampu di luar menyala.”

Sobat. Sudah saatnya berhenti mencari jawaban di luar diri Anda sendiri – Jawaban mengapa Anda belum menciptakan kehidupan dan hasil yang Anda inginkan, karena Andalah yang menciptakan mutu kehidupan yang Anda jalani dan hasil yang anda buat. Sekali lagi Anda – bukan orang lain!

Sobat. Sekali lagi saya sampaikan bahwa untuk mencapai kesuksesan besar dalam kehidupan, untuk mencapai hal-hal yang paling penting bagi Anda, Anda harus mengambil 100% tanggung jawab atas diri Anda. Tidak bisa kurang dari itu.

Sobat. Jika Anda ingin menciptakan kehidupan impian anda, Anda harus bertanggung jawab 100% atas kehidupan Anda juga. Hal itu berarti berhenti berdalih, berhenti mengeluh menjadi korban, berhenti menggunakan semua alasan mengapa Anda tidak bisa dan belum sampai sekarang, dan berhenti menyalahkan keadaan di luar diri Anda. Anda harus berhenti melakukan semua itu selamanya.

Salam dahsyat dan luar biasa! []


Oleh: Dr. Nasrul Syarif, M.Si.
Penulis Buku Gizi Spiritual, Dosen Pascasarjana IAI Tribakti Lirboyo, Wakil Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur

Posting Komentar

0 Komentar