Tiga Tersangka Lelang Online terhadap Muslimah di India Diamankan Polisi


TintaSiyasi.com -- Kepolisian India mengatakan bahwa mereka telah menangkap tiga orang tersangka dalam investigasi kasus terhadap satu aplikasi online yang menyebarkan ratusan foto-foto Muslimah yang bertujuan untuk “lelang” sebagai bentuk lain dari kebencian terhadap kelompok minoritas. 

Beberapa Muslimah mengatakan di sosial media, foto-foto mereka telah digunakan tanpa izin dalam platform software yang dimiliki Microsoftt, GitHub. Aplikasi itu bernama Bulli Bai, suatu term yang merupakan bentuk gambaran penghinaan terhadap Muslimah. 

Dalam sebuah catatan pengaduan di kepolisian, Minggu (02/01/2022), Ismat Asra, seorang jurnalis yang juga merupakan salah satu target sasaran dalam aplikasi lelang online tersebut, dari New Delhi mengaku bahwa kejadian ini sangat menggangu para Muslimah. 

“Kata-kata GitHub itu sangat brutal, mengancam, dan berniat untuk menciptakan rasa takut seperti yang ada dipikiran saya, sama seperti yang ada dipikiran wanita pada umumnya di kalangan Muslimah yang telah ditarget dan ini adalah bentuk kebencian,” posting Ara di akun sosial medianya.

Berita The Post Trust India mengabarkan, Divisi Cybercrime Kepolisian Mumbai pada Rabu (05/01/2022) pagi, telah menangkap Mayank Rawal (21) dari utara wilayah Uttarakhand. 

Rawal disebut sebagai orang ketiga yang ditangkap setelah Vishal Kumar (21) seorang mahasiswa tehnik, dan Shweta Sing (19) yang merupakan tersangka utama dalam kasus ini menurut kepolisian setempat. 

Kumar sendiri ditangkap di sebelah selatan Bengalaru, tutur salah seorang petugas kepolisian pada hari Kamis saat Sing dipindahkan dari Uttarakhand. 

Sabtu lalu, Menteri Teknologi dan Infromasi India, Ashwini Vaishnaw menyatakan bahwa GitHub telah diblokir oleh pemiliknya sendiri sebagai pembuat aplikasi Bulli Bai. 

Aplikasi Bulli Bai beredar selama enam bulan setelah aplikasi yang sama bernama Sulli Deals yang menempatkan delapan puluh foto-foto Muslimah di India untuk “on sale”. Dan belum ada tersangka yang ditangkap dalam kasus Sulli Deals ini. [] M. Siregar



(sumber:Al-Jazeera, https://www.aljazeera.com/news/2022/1/5/india-police-arrests-bulli-bai-online-auction-muslim-women)

Posting Komentar

0 Komentar