Nikah Modal Tampang Doang Ternyata Enggak Cukup!

TintaSiyasi.com -- Kebanyakan orang berpikir bahwa menikah itu harus dengan orang yang ganteng/cantik istilahnya modal tampang. Tapi guys soal tampang itu ternyata hanyalah bonus. Ketahuilah ketika seseorang hanya memilih tampang dan tidak di imbangi ilmu dalam berumah tangga apa jadinya? Menikah itu kan sebuah ibadah seumur hidup bukan hanya sekedar saling memandang ketampanan atau kecantikan, enggak. 

Menikah itu juga butuh yang namanya ilmu guys tanpa ilmu ngga bisa abis pikir deh. Contoh misalnya seorang servis televisi aja nih ya kalau enggak tahu ilmunya apa mungkin televisi yang mati jadi hidup? Enggak mungkin, malah enggak tau apa yang akan terjadi, sebab ilmu adalah sebuah landasan terpenting dalam melakukan sesuatu. Semuanya sebelum bertindak pasti berpikir terlebih dahulu, tanpa ilmu rusaklah kita. 

Ketika tampang dijadikan landasan untuk mencintai seseorang, lantas bagaimana nanti kalau ketampanan atau kecantikan akan memudar? Bukankah ketika usia bertambah semuanya akan berubah? Seseorang yang mencintai karena wajah, semua akan berubah akan sirna. Atau memilih seseorang karena jabatannya? Sama aja sebuah jabatan bisa tergantikan. 

Guys, menikah itu ternyata bukan sembarang aku suka kamu ayo nikah. Tapi menikah itu membangun sebuah kehidupan baru dalam berumah tangga. Di mana antara aku dan kamu yang telah terbebas atau bisa menyelesaikan segala problematika kehidupan sendiri. Bukan malah menikah tapi ingin mencari teman untuk membantu menyelesaikan masalah kita, itu salah.

Bagaimana sih cara memilih pasangan dalam pandangan Islam? Ketika lelaki memilih wanita, itu mencakup 4 hal yaitu: kecantikan, kekayaan, keturunan, dan baik agamanya. Jika wanita memilih laki-laki maka pilihlah laki-laki yang baik agamanya, sebab ketika baik agamanya ia bisa diandalkan sebagai pemimpin yang baik. 

Ada baiknya sebelum menikah nih, mengkaji Islam lebih dalam dulu ya biar tidak salah arah. Sebab menikah adalah ibadah yang seumur hidup. Mengkaji Islam itu tidak hanya sekedar membaca Al-Qur'an ya tapi mendalami apa yang terdapat dalam Al-Qur'an itu sendiri, bukankah kita sebagai umat Islam landasan atau pedoman hidup adalah Al-Qur'an? Kalau saja hidup sampai menyimpang dari buku panduan hidup lantas kita mau jadi apa? Ingat lah bahwa Allah menciptakan kita itu tidak hanya untuk mencari materi belaka tapi Allah menciptakan kita, dan semua makhluknya itu atas dasar beribadah. Jadi jelas ya menikah itu tujuannya beribadah, bukan hanya sekadar mencari yang ganteng atau cantik saja, ingat modal tampang doang enggak cukup kalau tidak dibarengi ilmunya. []


Oleh: Indah Setyorini
(Sahabat TintaSiyasi)

Posting Komentar

0 Komentar