Geram Melihat Ulah Joseph Suryadi, Ketua LBH Pelita Umat: Tangkap Penghina Nabi Muhammad SAW!


TintaSiyasi.com -- Geram melihat ulah Joseph Suryadi yang diduga kuat telah melakukan penghinaan kepada Nabi Muhammad SAW, Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan mengatakan, tangkap penghina Nabi Muhammad SAW. "Tangkap penghina Nabi Muhammad SAW, mendidih darah ini," tuturnya kepada TintaSiyasi.com, Selasa (14/12/2021).

"Bahwa saya menyeru agar seluruh elemen untuk melakukan kontrol agar pelaku penistaan terhadap Nabi Muhammad SAW diproses hukum," imbuhnya.

Hal itu ia katakan, karena beredar kabar di website kantor berita dan Twitter seseorang yang patut diduga bernama Josep Suryadi, diduga melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW. 

Ia menegaskan, yang beredar di media tampak seperti tangkapan layar mirip percakapan di grup WhatsApp, yaitu, berupa gambar dan terdapat tulisan/teks (kurang lebih pada pokoknya sebagai berikut): "Usia Aisah selalu berubah saat di kawinin Nabi, bukan tambah usia, tambah MUDA. YG PENTING NGACENG nya...SAMA SEPERTI UZTADZ HW."

Ia menjabarkan, perbuatan tersebut dapat dikategorikan tindak pidana 156a KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana), yaitu, unsur perbuatan tindak pidananya berupa: Permusuhan terhadap suatu agama yg dianut di Indonesia adalah perbuatan yang dapat dipidana berdasarkan Pasal 156a KUHP; dan unsur dengan sengaja mengeluarkan perasaan atau perbuatan Permusuhan adalah menyatakan perasaan permusuhan atau kebencian atau meremehkan agama tertentu.

"Bahwa harus diingat unsur utama untuk dapat dipidananya Pasal 156a adalah unsur sengaja jahat untuk memusuhi, membenci (malign blasphemies). dinyatakan dihadapan dan/atau ditujukan kepada publik, artinya dapat dinilai unsur sengaja terpenuhi," tegasnya.

Ia mengajak aparat untuk segera bertindak tegas. "Bahwa saya mendorong aparat penegak hukum untuk segera melakukan tindakan agar tidak menimbulkan ketegangan sosial. Penghinaan terhadap Nabi Muhammad SAW adalah tindakan intoleransi dan keji," tandasnya.[] Ika Mawarningtyas

Posting Komentar

0 Komentar