UIY: Kebenaran Sejarah Membantu Keyakinan pada Risalah


TintaSiyasi.com-- Dalam momentum hari Pahlawan 10 November, Cendekiawan Muslim Ustaz Muhammad Ismail Yusanto (UIY) menuturkan kebenaran sejarah akan membantu keyakinan pada risalah. 

"Sejarah bukan sumber pemikiran, tetapi pemahaman. Dan kebenaran sejarah akan membantu kita sampai pada keyakinan risalah, khususnya tentang khilafah," tutur UIY dalam Talk Show Sejarah, Ahad (14/11/2021) di Youtube Khilafah Channel Reborn.

Menurutnya, yang menjadi masalah krusial adalah tentang pengaburan dan penguburan sejarah. "Menurut saya, yang jadi masalah krusial hari ini adalah tentang pengaburan dan penguburan sejarah, sejarahnya ada tapi tidak diungkap, ditulis dengan cara yang tidak semestinya," katanya. 

Ia menyebutkan, terjadinya penguburan dan pengaburan sejarah itu karena ada intensi politik. "Nah, kenapa terjadi penguburan dan pengaburan sejarah itu karena ada intensi politik, yang sering saya katakan dengan kejahatan sejarah," sebutnya. 

Ia mengatakan, kalau semuanya ditulis dengan benar, akan terungkap bahwa kebangkitan Indonesia dibangun dengan spirit Islam. "Kalau semua itu ditulis dengan benar, maka akan terungkap bahwa kebangkitan nasional, pendidikan, resolusi jihad itu semua Islam dan Indonesia ini dibangun dengan spirit Islam, nah itu tidak dikehendaki," jelasnya. 

Ia melanjutkan, bahwa spirit Islam itu bersumber dari tauhid dan berani mati melawan orang kafir itulah mati syahid. "Spirit islam itu bersumber dari tauhid. Siapa yang berani melawan belanda, mereka yang berani mati. Dalam pemahaman Islam mati melawan orang-orang kafir yang memerangi kita itulah mati syahid dan syahid itu jaminannya surga," pungkasnya.[] Najwa Alifah

Posting Komentar

0 Komentar