Konotasi Ahlusunah wal Jamaah

TintaSiyasi.com -- Bismillahir Rahmaanir Rahiim. Ahlusunah wal jamaah (aswaja) artinya adalah orang-orang yang meyakini (mengimani), mempraktikkan (mengamalkan) dan memperjuangkan (mendakwahkan) sunah Nabi SAW dan sunah para sahabatnya. Karena sunah sendiri dapat berarti thariqah mahmudah mustaqimah (tuntunan terpuji dan lurus), maka seseorang dapat disebut 'Ahlusunah' ketika ia meyakini, mempraktikkan dan memperjuangkan tuntunan yang terpuji dan lurus, seperti dalam kamus Lisanul Arab karya Ibnu Mandzur. Sedangkan miturut al-Jurjani dalam kitab at-Ta’rifat-nya; ahlusunah wal jamaah adalah ahlul haq, yaitu orang-orang yang meyakini, mempraktikkan dan memperjuangkan haq yang dicapai atau dihasilkan melalui berbagai hujah dan burhan dari Allah SWT. 

Ahlusunah wal jamaah adalah lawan dari ahlul ahwa` (pangikut hawa nafsu), yaitu mereka (ahlul qiblat / orang Islam) yang keyakinanya berbeda dengan keyakinan ahlusunah, seperti kelompok Jabariyah, Qadariyah, Rawaafidl (syi'ah ekstrem), Khawaarij, Mu’athilah, dan Musyabbihah, di mana setiap kelompok daripadanya terpecah menjadi 12 kelompok, maka jumlahnya menjadi 72 kelompok. Perkataan al-Jurjani ini sesuai dengan situasi serta kondisi saat itu. Sedangkan untuk situasi serta kondisi kekinian, ahlul ahwa' wal bida' (pengikut hawa nafsu dan bid'ah) di samping kelompok yang telah disebut di atas, juga adalah orang Islam (ahlul qiblat) yang keyakinan, amaliyah dan perjuangannya mengikuti dan/atau terhadap ideologi komunisme (termasuk sosialisme) dan ideologi kapitalisme, berikut seperangkat ide, pemikiran, sistem, dan hukum yang memancar dari keduanya, seperti sekularisme, liberalisme, libertinisme, pluralisme, singkretisme, demokrasi, HAM, dialog antar agama, doa bersama lintas agama dan lain-lain. Karena problem, penyimpangan serta tantangan dari/dan terhadap Islam dan kaum Muslim itu mengalami perubahan dan perkembangan dari masa ke masa. 

Jadi aswaja itu dinamis, tidak stagnan (jumud), sesuai problem, penyimpangan serta tantangan yang ada pada masanya. Sedangkan metode yang dipakai oleh aswaja pada masa Abu al-Hasan al-As'ari (W.324 H) dan Abu Manshur al-Maturidi (W.333 H) dan tokoh ASWAJA yang lain, baik sebelum atau sesudahnya, untuk menjawab problem, penyimpangan dan tantangan pada masa itu, tidak akan bisa menjawab problem, penyimpangan dan tantangan dari dua idiologi di atas. Oleh karena itu doktrin/ajaran yang diyakini, dipraktekkan, diemban dan didakwahkan oleh Qadhi Taqiyyuddin An-Nabhani serta para syabab Hizbut Tahrir, adalah doktrin/ajaran aswaja pada masa ini, juga sebagai pelengkap serta penyempurna juga kritik terhadap doktrin yang telah ada. Karena yang namanya manusia itu tidak ada yang sempurna, kecuali baginda Nabi Muhammad SAW dan fakta serta realita salafush shalih dan para imam mujtahid juga saling mengkritik, melengkapi dan menyempurnakan, tidak saling menyesatkan.

Kesimpulan di atas adalah konklusi dari hadis-hadis berikut:

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ ﺑﻦ ﺍﻟﻌﺎﺹ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : " ﺍِﻓْﺘَﺮَﻗَﺖِ ﺍﻟْﻴَﻬُﻮْﺩُ ﻋﻠﻰ ﺇﺣﺪﻯ ﻭﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﻣِﻠَّﺔً ﻭَﺍﻓْﺘَﺮَﻗَﺖِ ﺍﻟﻨَّﺼَﺎﺭَﻯ ﻋَﻠَﻰ ﺍﺛْﻨَﺘَﻴْﻦِ ﻭَﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﻣِﻠَّﺔً ﻭَﺳَﺘَﻔْﺘَﺮِﻕُ ﺃُﻣَّﺘِﻲ ﻋَﻠَﻰ ﺛَﻼَﺙٍ ﻭَﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﻣِﻠَّﺔً ﻛُﻠُّﻬَﺎ ﻓِﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ﺇِﻻَّ ﻣِﻠَّﺔً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً " ، ﻗَﺎﻟُﻮْﺍ : " ﻣَﻦْ ﻫِﻲَ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ؟ " ﻗَﺎﻝَ : " ﻣَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﺃَﻧَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺃَﺻْﺤَﺎﺑِﻲ ." ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻓﻰ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻓﻲ ﺑﺎﺏ ﻣﺎ ﺟﺎﺀ ﻓﻰ ﺍﻓﺘﺮﺍﻕ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻣﺔ ﻣﻦ ﺳﻨﻨﻪ ﻭﺭﻭﺍﻩ ﺃﻳﻀﺎ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺟﻤﺪ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺴﻨﺪ ﻭﺇﺳﻨﺎﺩﻩ ﺻﺤﻴﺢ .

Dari Abdullah Ibn ‘Amer Ibn al-‘Aash; Rasulullah SAW bersabda: ”Umat Yahudi telah terpecah menjadi 71 kelompok, umat Nasrani telah terpecah menjadi 72 kelompok, dan umatku akan terpecah menjadi 73 kelompok dimana semuanya masuk neraka kecuali satu kelompok”. Shahabat bertanya; ”Siapakah mereka, wahai Rasulullah?”.

Beliau Nabi bersabda; ”Siapa saja yang berpegang teguh (meyakini, mempraktekkan dan memperjuangkan) dengan sunnah (doktrin, tuntunan atau metode)-ku dan (sunnah) para sahabatku.” (HR at-Turmudzi dalam kitab Iman dalam bab terpecah belahnya umat ini, dan Imam Ahmad dalam Musnadnya, dan isnadnya shahih). 

Dan hadis:

ﻭﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻲ : ﺇِﻓْﺘَﺮَﻗَﺖِ ﺍﻟْﻴَﻬُﻮْﺩُ ﻋَﻠَﻰ ﺇِﺣْﺪَﻯ ﻭَﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﻓِﺮْﻗَﺔً ﻭَﺍﻓْﺘَﺮَﻗَﺖِ ﺍﻟﻨَّﺼَﺎﺭَﻯ ﻋَﻠَﻰ ﺍﺛْﻨَﺘَﻴْﻦِ ﻭَﺳَﺒْﻌِﻴْﻦَ ﻓﺮﻗﺔً ﻭﺳﺘﻔﺘﺮﻕ ﺃﻣﺘﻲ ﻋﻠﻲ ﺛﻼﺙٍ ﻭﺳﺒﻌﻴﻦَ ﻓﺮ ﻗﺔً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓٌ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﻧَﺎﺟِﻴَﺔٌ ﻭَﺍﻟْﺒَﺎﻗُﻮْﻥَ ﻫَﻼَﻛَﻰ ." ﻗﺎﻟﻮﺍ : " ﻭَﻣَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺟِﻴَﺔُ ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪ؟ ." ﻗﺎﻝ : " ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﻭَﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ " ، ﻗَﺎﻟُﻮْﺍ : " ﻭَﻣَﺎ ﺃﻫﻞُ ﺍﻟﺴﻨﺔِ ﻭﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔِ؟ " ، ﻗﺎﻝ : " ﻣَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﺃَﻧَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﻭَﺃَﺻْﺤَﺎﺑِﻲ ".

Dalam riwayat at-Thabarani, Nabi SAW bersabda; ”Yahudi telah terpecah menjadi 71 kelompok. Nasharo telah terpecah menjadi 72 kelompok. Dan umatku akan terpecah menjadi 73 kelompok, darinya hanya ada satu kelompok yang selamat, sedang yang lain semuanya rusak”. Shabat bertanya: ”Siapakah kelompok yang selamat itu, wahai Rasulullah ?”. Beliau bersabda: ”Ahlussunah Waljama’ah ”. Mereka bertanya; ”Siapakah Ahlussunah Waljama’ah itu ?”. Beliau bersabda; ”Siapa saja yang berpegang teguh (meyakini, mempraktekkan dan memperjuangkan) dengan sunah (doktrin, tuntunan atau metode)-ku pada hari ini dan (sunah) para sahabatku”.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui mengenai siapa sebenarnya orang yang layak disebut sebagai aswaja, yaitu orang atau siapa saja yang meyakini, mempraktekkan dan memperjuangkan (berpegang teguh dengan) sunah Nabi SAW serta sunah para sahabatnya, dan apa sebenarnya sesuatu yang dapat menentukan bahwa seseorang itu termasuk aswaja, yaitu keyakinan, praktek dan perjuangannya terhadap sunah Nabi SAW dan sunah para sahabatnya, hanya ini, tidak ada yang lain, titik. 

Jadi ahlusunah wal jamaah adalah karakter atau sifat bagi siapa saja orang yang meyakini, mempraktekkan dan memperjuangkan (berpegang teguh dengan) sunah Nabi SAW dan sunah para sahabatnya, bukan nama kelompok atau organisasi tertentu. Sedangkan ketika ada kelompok atau organisasi yang mengklaim atau diklaim dengan nama atau sebutan aswaja, maka itu sah-sah saja, seperti ketika di dalam Al-Qur'an ada kalimah Al-Mu'minun lalu kita menamakan kelompok atau jam'iyyah kita dengan kalimah itu, dan di hadis seperti di atas ada kalimah ahlusunah wal jamaah lalu kita menamakan kelompok atau organisasi kita dengan kalimah itu, dan seterusnya. 

Juga yang dikehendaki dengan jamaah adalah jamaah shahabat (kaum Muslim) yang dipimpin oleh seorang khalifah (Imam A'zham/Amirul mu'minin) dalam naungan Daulah Khilafah.

Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda:

ﻣَﻦْ ﺧَﻠَﻊَ ﻳَﺪًﺍ ﻣِﻦْ ﻃَﺎﻋَﺔٍ ﻟَﻘِﻲَ ﺍﻟﻠﻪَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﻭَﻻَ ﺣُﺠَّﺔَ ﻟَﻪُ، ﻭَﻣَﻦْ ﻣَﺎﺕَ ﻭَﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻲ ﻋُﻨُﻘِﻪِ ﺑَﻴْﻌَﺔٌ ﻣَﺎﺕَ ﻣِﻴْﺘَﺔً ﺟَﺎﻫِﻠِﻴَّﺔً . ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ ﻭﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻟﻪ : ﻭَﻣَﻦْ ﻣَﺎﺕَ ﻭَﻫُﻮَ ﻣُﻔَﺎﺭِﻕٌ ﻟِﻠْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳَﻤُﻮْﺕُ ﻣِﻴْﺘَﺔً ﺟَﺎﻫِﻠِﻴَّﺔً .

"Barang siapa yang tidak taat (kepada khalifah/amir), maka pada hari Kiamat ia bertemu Allah dalam kondisi tidak memiliki hujjah. Dan barang siapa yang mati dalam kondisi tidak memikul bai'at di pundaknya, maka ia mati jahiliyah." Dalam riwayat lain: "Dan barang siapa mati dalam kondisi meninggalkan jama'ah (kaum Muslim yang dipimpin Khalifah), maka sesungguhnya ia mati jahiliyah (membawa dosa besar)." (HR Imam Muslim dari Ibnu 'Umar ra). 

Dan dalam hadis Hudzaifah Bin Yaman yang panjang Nabi SAW bersabda:

ﺗَﻠْﺰَﻡُ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔَ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ ﻭَﺇِﻣَﺎﻣَﻬُﻢْ 

"Berpegang teguhlah kamu dengan jama'ah kaum muslim dan Imamnya!". (HR Bukhari dari Hudzaifah ra). 

Dan hadis:

ﻭَﺭَﻭَﻯ ﺃَﺑُﻮْ ﺫَﺭٍّ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻋَﻦْ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻧَّﻪُ ﻗَﺎﻝَ : ﻣَﻦْ ﺧَﺎﻟَﻒَ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔَ ﺷِﺒْﺮًﺍ ﻓَﻘَﺪْ ﺧَﻠَﻊَ ﺭِﺑْﻘَﺔَ ﺍﻟْﺈِﺳْﻠَﺎﻡِ ﻣِﻦْ ﻋُﻨُﻘِﻪِ . ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻠﻴﺚ ﺍﻟﺴﻤﺮﻗﻨﺪﻱ ﻓﻰ ﺗﻨﺒﻴﻪ ﺍﻟﻐﺎﻓﻠﻴﻦ .

Dan Abu Dzar ra telah meriwayatkan dari Rasulullah SAW, bahwasannya beliau bersabda: "Barang siapa yang meninggalkan Jama'ah meskipun hanya sejengkal, maka ia telah melepaskan ikatan (tali) Islam dari pundaknya".

Dan Uwais Al-Qarani dalam wasiatnya kepada Harom Bin Hayan beliau berkata:

ﺇِﻳَّﺎﻙَ ﺃَﻥْ ﺗُﻔَﺎﺭِﻕَ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔَ ﻓَﺘُﻔَﺎﺭِﻕَ ﺩِﻳْﻨَﻚَ ﻭَﺃَﻧْﺖَ ﻻَ ﺗَﺸْﻌُﺮُ ﻓَﺘَﺪْﺧُﻞَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ

"Berhati-hatilah, jangan meninggalkan jama'ah, karena dapat meninggalkan agamamu, sedang kamu tidak merasa, maka pada hari kiamat kamu akan masuk neraka".

Dan bahwa yang dimaksud dengan Jama'ah adalah jamaah sahabat atau kaum Muslim yang dipimpin oleh khalifah.  Ini diambil dari hadis berikut:

ﺃُﻭْﺻِﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺘَﻘْﻮَﻯ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ ﻭَﺍﻟﺴَّﻤْﻊِ ﻭَﺍﻟﻄَّﺎﻋَﺔِ ﻭَﺇِﻥْ ﺗَﺄَﻣَّﺮَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻋَﺒْﺪٌ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻣَﻦْ ﻳَﻌِﺶْ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻓَﺴَﻴَﺮَﻯ ﺇِﺧْﺘِﻠَﺎﻓًﺎ ﻛَﺜِﻴْﺮًﺍ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﺴُﻨَّﺘِﻲ ﻭَﺳُﻨَّﺔِ ﺍﻟْﺨُﻠَﻔَﺎﺀِ ﺍﻟﺮَّﺍﺷِﺪِﻳْﻦَ ﺍﻟْﻤَﻬْﺪِﻳِّﻴْﻦَ ﻋَﻀُّﻮْﺍ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺑِﺎﻟﻨَّﻮَﺍﺟِﺬِ ﻭَﺇِﻳَّﺎﻛُﻢْ ﻭَﻣُﺤْﺪَﺛَﺎﺕِ ﺍﻟْﺄُﻣُﻮْﺭِ ﻓَﺈِﻥَّ ﻛُﻞََّ ﻣُﺤْﺪَﺛَﺔٍ ﺑِﺪْﻋَﺔٌ ﻭَﻛُﻞَّ ﺑِﺪْﻋَﺔٍ ﺿَﻼَﻟَﺔٌ ﻭَﻛُﻞَّ ﺿَﻼَﻟَﺔٍ ﻓﻰِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ . ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ﻭﺍﻟﺘﺮﻣﻴﺬﻱ ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ .

"Aku berwasiat kepada kalian agar bertaqwa kepada Allah azza wajalla, mendengar dan taat (kepada khalifah/amir), meskipun kalian dipimpin oleh seorang hamba sahaya. Karena sesungguhnya siapa saja di antara kalian yang masih diberi hidup panjang, maka ia akan melihat banyak perselisihan. Maka hendaklah kalian berpegang teguh (meyakini, mempraktekkan dan memperjuangkan) dengan sunnahku dan sunnah para khalifah yang lurus / benar dan mendapat petunjuk. Gigitlah sunnah itu dengan gigi-gigi geraham, dan jauhilah segala perkara yang baru, karena setiap perkara yang baru adalah bid'ah, setiap bid'ah adalah sesat dan setiap sesat adalah di neraka". (HR Imam Ahmad, Abu Daud, Turmudzi dan Ibnu Majah).

Dan Nabi SAW bersabda:

ﺗَﺮَﻛْﺖُ ﻓِﻴْﻜُﻢْ ﺃَﻣْﺮَﻳْﻦِ ﻟَﻦْ ﺗَﻀِﻠُّﻮﺍ ﻣَﺎ ﺗَﻤَﺴَﻜْﺘُﻢْ ﺑِﻬِﻤَﺎ : ﻛِﺘَﺎﺏَ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺳُﻨَّﺔَ ﺭَﺳُﻮْﻟِﻪِ . ﺃﺧﺮﺟﻪ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﻣﺴﻠﻢ ﻭﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﺑﺄﻟﻔﺎﻅ ﻣﺘﻔﺮﻗﺔ.

"Telah aku tinggalkan pada kalian dua perkara, di mana kalian tidak akan pernah tersesat selama kalian berpegang teguh dengan keduanya; (yaitu) kitabullah dan sunnah Rasul-Nya."

Dan sabdanya:

ﻣَﻦْ ﺃَﺣْﺪَﺙَ ﻓِﻲ ﺃَﻣْﺮِﻧَﺎ ﻫَﺬَﺍ ﻣَﺎ ﻟَﻴْﺲَ ﻣِﻨْﻪُ ﻓَﻬُﻮَ ﺭَﺩٌّ، ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻢ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺘﻬﺎ ﻭﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻟﻤﺴﻠﻢ : ﻣَﻦْ ﻋَﻤِﻞَ ﻋَﻤَﻼً ﻟَﻴْﺲَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺃَﻣْﺮُﻧَﺎ ﻓَﻬُﻮَ ﺭَﺩٌّ .

"Barang siapa yang membuat-buat -dalam urusan agama kami ini- sesuatu yang tidak berasal dari padanya, maka sesuatu itu tertolak." (HR Bukhari dan Muslim dari 'Aisyah ra). Dan dalam riwayat Muslim, beliau bersabda: "Barang siapa yang melakukan amalan yang tidak ada perintah kami atasnya, maka amalan itu tertolak".

Dan atsar Hudzifah:

ﻭَﺃَﺧْﺮَﺝَ ﺃَﺑُﻮْ ﺩَﺍﻭُﺩَ ﻋَﻦْ ﺣُﺬَﻳْﻔَﺔَ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻝَ : ﻛُﻞُّ ﻋِﺒَﺎﺩَﺓٍ ﻟَﻢْ ﺗَﻔْﻌَﻠْﻪُ ﺍﻟﺼَّﺤَﺎﺑَﺔُ ﻓَﻼَ ﺗَﻔْﻌَﻠُﻮْﻫَﺎ .

Dan Abu Daud mengeluarkan dari Hudzaifah ra, beliau berkata: "Setiap ibadah yang tidak dilakukan oleh sahabat, maka kalian jangan melakukannya".

Dan atsar Ibnu Abbas:

ﻭَﺃَﺧْﺮَﺝَ ﺍﻟْﺒَﻴْﻬَﻘِﻲ ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻗَﺎﻝَ : ﺃَﺑْﻐَﺾُ ﺍﻟْﺄُﻣُﻮْﺭِ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺍﻟْﺒِﺪْﻋَﺔُ .

Dan Imam Baihaqi mengeluarkan dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata: "Perkara yang paling dibenci oleh Allah SWT adalah bid'ah".

Dan hadis:

ﻋَﻦِ ﺍﻟْﺤَﺴَﻦِ ﻋَﻦْ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃَﻧَّﻪُ ﻗَﺎﻝَ : ﻋَﻤَﻞٌ ﻗَﻠِﻴْﻞٌ ﻓِﻲ ﺳُﻨَّﺔٍ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﻋَﻤَﻞٍ ﻛَﺜِﻴْﺮٍٍ ﻓِﻲ ﺑِﺪْﻋَﺔٍ ﻭَﻛُﻞُّ ﺑِﺪْﻋَﺔٍ ﺿَﻼَﻟَﺔٌ ﻭَﻛُﻞُّ ﺿَﻼَﻟَﺔٍ ﻓِﻲ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ‏[ ﺗﻨﺒﻴﻪ ﺍﻟﻐﺎﻓﻠﻴﻦ ﺹ 201 ].

Dari Al-Hasan dari Rasulullah SAW, sesungguhnya beliau bersabda: "Amal sedikit dengan mengikuti sunnah itu lebih baik dari pada amal banyak dengan mengikuti bid'ah, setiap bid'ah itu sesat dan setiap sesat itu di neraka".

Dari sejumlah hadis di atas, dan hadis-hadis terkait yang tidak saya tuturkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dikehendaki dengan “Aljama'ah” dalam term aswaja adalah jamaah sahabat atau jamaah kaum muslim yang dipimpin oleh seorang Khalifah, bukan jamaah sebagai organisasi atau partai politik, kecuali organisasi atau partai politik Islam yang berasaskan Islam dan berjuang untuk menegakkan Daulah Khilafah ketika Daulah ini tidak ada, dan metode yang ditempuhnya tidak menyimpang dari metode Rasulullah SAW dalam menegakkan Daulah Islamiyah di Madinah. Karena sejumlah hadis terkait jamaah tersebut adalah hadis-hadis politik, yakni membicarakan urusan politik, yaitu perihal membaiat dan taat kepada Khalifah, dan larangan keluar dan memberontak terhadap Khalifah. Wallahu a'lam. []


Oleh: Ustaz Abulwafa Romli
(Pengasuh MT Darul Hijrah Pasuruan)


Sumber: https://abulwafaromli.blogspot.com/2021/11/konotasi-ahlussunnah-waljamaah.html?m=1

Posting Komentar

0 Komentar