K.H. Rokhmad S Labib: Jihad dan Khilafah Merupakan Ajaran Islam

TintaSiyasi.com-- Ulama dan Cendekiawan Muslim K.H. Rokhmad S Labib mengatakan bahwa jihad dan khilafah merupakan ajaran Islam.

"Tentang jihad dan khilafah adalah dua istilah yang memiliki makna bahasa dan istilah. Apakah merupakan ajaran Islam atau bukan? Keduanya, baik al-jihad maupun al-khilafah adalah merupakan ajaran Islam," ungkapnya dalamm live Insight ke-101 PKAD: Jihad dan Khilafah, Ajaran Islam Atau Bukan? Di YouTube Pusat Kajian dan Analisa Data (PKAD), Senin (15/11/21).

Ia mengatakan, kedudukan jihad dan khilafah dalam Islam adalah masrukhah yaitu sesuatu yang disyariatkan. Keduanya adalah sesuatu yang diperintahkan dan hukumnya sama yakni fardhu. "Sesuatu yang disyariatkan tentu harus ada dalil. Dalil itu tentu ada dalam Al-Qur'an, bisa juga ada dalam hadis Nabi. Kemudian juga ada sumber yang lain yaitu ijma' sahabat dan juga al qiyas," jelasnya.

Ia mengungkapkan, dua perkara tersebut (jihad dan khilafah), keduanya juga dijelaskan oleh para ulama dalam kitab-kitabnya. Ada dalam kitab-kitab tafsir, hadis dan as-syarahnya, juga dalam kitab-kitab fiqih. Karena memang perkara hukum.

"Itu (jihad dan khilafah) ada dalam kitab-kitab fiqih. Sehingga kitab fiqih yang mu'tabar yang lengkap pasti akan membicarakan dua hal itu, bab jihad dan bab khilafah," ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam istilah jihad ada beberapa bab, sementara bab tentang al-khilafah terkadang disebut sebagai babul imarah, babul imamah, dan disebut sebagai babul khilafah. "Ketiga istilah itu yakni al-khilafah, al-imarah, al-imamah, itu nanti kalau kita baca akan menemukan makna lughawi dan makna syar'i," pungkasnya.[]Isty Da'iyah

Posting Komentar

0 Komentar