Sejarawan: Film JKDN 2 Menyuguhkan Materi Pelurusan Sejarah


TintaSiyasi.com-- Sejarawan Dr. Moeflich Hasbullah, M.A. mengatakan Film Jejak Khilafah di Nusantara II (JKDN 2) menyuguhkan materi pelurusan sejarah. “Film JKDN II menyumbangkan pelurusan sejarah, menyumbangkannya adalah menyuguhkan objek studi baru dan materi baru,” ujarnya dalam Media Umat: Bedah Film JKDN II, Ahad (24/10/2021) di YouTube Media Umat.

Ia menjelaskan, Film JKDN II menyuguhkan satu objek baru dan materi baru yaitu relasi Kekhilafahan Turki Utsmani dengan Nusantara. “Selama ini belum banyak digali oleh sejarawan muslim Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, ia menyebutkan, "selama ini yang menjadi objek penelitian studi para mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) sejarah Islam itu sejarah dakwah, sejarah ulama, teks-teks naskah, keilmuan.”
 
"Misalnya relasi Timur Tengah dengan Nusantara pada aspek riset keilmuannya,” imbuhnya.

Ia menegaskan, ada satu materi sejarah yang luput selama ini diungkap secara baru dan menarik oleh anak-anak muda pembuat film JKDN bahwa hubungan antara Islam Nusantara dengan institusi kekhilafannya, sejarah diplomatik dihubungkan dengan dakwah.

Menurutnya, sebuah historiografi baru dalam bentuk sinematografi yaitu menyuguhkan satu materi baru yang perlu diungkap terus dan didukung oleh sejarawan dan ini memperkaya objek sejarah. “Sangat memperkaya dan para tim JKDN, para perintisnya, para penemu hubungan relasi Turki Utsmani, kekhilafahan dengan Islam Nusantara,” ujarnya.

“Secara akademik ini perlu didukung, sejak munculnya film JKDN objek penelitian sejarah Indonesia mengalami pengayaan,” pungkasnya.[] Wiji Lestari

Posting Komentar

0 Komentar