Script Writer JKDN 2: Keterikatan Nusantara dengan Utsmani Sangat Dalam


TintaSiyasi.com -- Script Writer film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara II (JKDN 2) Nur Fajarudin mengatakan bahwa umat Islam di Nusantara memiliki keterkaitan yang sangat mendalam dengan Utsmani.

“Keterkaitan antara umat Islam di Nusantara ini, di Indonesia sekarang dengan Utsmani waktu itu sangat dalam,” tuturnya dalam film Jejak Khilafah di Nusantara 2 (JKDN2), Rabu (20/10/2021).

Ia mengatakan, banyak sekali bukti-bukti yang ditemukan sangat erat kaitannya dengan Kekhilafahan Utsmani. 

“Legenda-legenda, cerita-cerita, dongeng-dongeng sangat erat kaitannya dengan Kekhalifahan Utsmani. Misalnya, di Aceh, di Gayo ada syair-syair yang mengungkapkan tentang Rum. Di Minangkabau, di Melayu, Riau juga ada, di Jawa tentang kisah Aji Soko itu dikirim oleh Sultan Al Ghabah dari nge-Rum. Di Buton, di Sulawesi ada Lakinarungi dalam bahasa setempat ya laki-laki dari nge-Rum. ini menarik sekali jadi (dari) barat Nusantara hingga bagian timur (ada keterkaitan dengan Rum),” paparnya.

Ia mengungkapkan, Rum pada waktu itu adalah sebutan Sultan Khalifah yang berkedudukan di Konstatinopel, Istanbul. Salah satu gelarnya khalifah di masa Utsmani adalah Sultan Rum. 

“Merasuk ke bahasa daerah kita dengan berbagai macam (sebutan). Ada nge-Rum, ada lakinarungi. Nah itu yang menjadikan bahwa hubungan ini dekat sekali," katanya. 

Ia mengatakan, bahwasannya sejarah yang selama ini diajarkan di sekolah-sekolah dibuat sederhana. “Jadi kalau kita bahas apa namanya, kalau di buku sejarah dari titik ini ke titik ini kita tidak pernah membahas bahwa di Aceh ada cerita yang berbeda ada di Minangkabau ada ini yang berbeda ditambah kemudian kerumitan jaringan yang jaringan-jaringan antar-antar kesultanan di Nusantara jaringan antar ulama, jaringan ekonomi,” pungkasnya. [] Atikah Nur

Posting Komentar

0 Komentar