Moeflich Hasbullah: Perjuangan Penegakan Khilafah Tidak Akan Pernah Berhenti


TintaSiyasi.com-- Sejarawan Moeflich Hasbullah menyatakan, perjuangan penegakan khilafah tidak akan pernah berhenti. "Perjuangan penegakan syariat Islam dan khilafah tidak akan pernah berhenti lantaran keterikatan Muslimin di dunia dengan khilafah begitu erat," ujar Pak Moeflich, sapaan akrabnya, dalam tayangan film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara 2 (JKdN 2), Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, tuntutan kekhilafahan akan terus muncul sampai prediksi Rasulullah SAW terjadi. "Prediksi Rasulullah khilafah ala minhaj nubuwwah itu terjadi, pasti itu. Jadi, ini prediksi Rasulullah, ini hadis, ini gerakan massanya, menyambung begitu menjadi sebuah energi yang menyatu, Allahuakbar!" tegasnya.

Walaupun, ia melihat, umat terbagi menjadi dua. "Sebagian sudah menerima Barat, menerima demokrasi, menerima sekularisme, menikmati apa adanya. Sebagian lagi umat ada yang terus merindukan itu untuk bangun kembali, bangkit kembali," katanya.

Ia mengatakan, di kalangan umat masih tetap ada yang kehilangan atas kerinduan kebersatuan umat Islam di seluruh dunia dan sebagiannya lagi sudah ada yang tenggelam melupakan.

Menurutnya, reaksi kemarahan umat Islam terkait runtuhnya khilafah menunjukkan hubungan umat Islam begitu kuat dengan khilafah. "Reaksi itu menunjukkan pertama, hubungan itu kuat, psikologinya itu kuat, relasinya ada dan itu yang menurut saya yang dirasakan oleh umat Islam di seluruh dunia dan sampai sekarang masih ada," pungkasnya.[] Nabila Zidane

Posting Komentar

0 Komentar