Luar Biasa! JKDN 2 Ungkap Keberhasilan Laksamana Malahayati Membacok Cornelis de Houtman


TintaSiyasi.com-- Dibuat gerah dengan tabiat buruk pedagang Belanda Cornelis de Houtman, Kesultanan Aceh meminta Laksamana Malahayati untuk menghadapi mereka. Prof. Farid Wajdi Ibrahim, M.A., Ketua Majelis Adat Aceh mengungkap, luar biasa, Laksamana Malahayati berhasil membacok Cornelis de Houtman.

"Ini kan luar biasa, seorang perempuan berkelahi di hadapan prajurit orang, di kapal orang dalam waktu cukup lama. Dia kan yang membacok Cornelis de Houtman," bebernya dalam film Jejak Khilafah di Nusantara 2 (JKDN 2), Rabu, 20 Oktober 2021 via daring. 

Dia mengatakan de Houtman ini dua bersaudara, Frederick de Houtman dan Cornelis de Houtman. "Satu ditangkap untuk ditawan, yang lainnya berkelahi. Akhirnya Malahayati berkelahi dengan Cornelis de Houtman," ungkapnya. 

Prof. Farid, sapaan akrabnya, mengatakan, Malahayati sendiri yang menikam Cornelis de Houtman. Ia mengisahkan tentang prestasi Malahayati sebagai panglima pasukan laut yang memiliki 2000 pasukan, beberapa sumber lain mengatakan 3000 pasukan yang semuanya wanita. "Namanya Inong Bale, bahasa Aceh Inong Bale, itu janda," tuntasnya.[] Heni Trinawati

Posting Komentar

0 Komentar