JKDN 2 Ungkap Kesultanan Papua Merupakan Perwakilan Sultan Tidore


TintaSiyasi.com-- Tayangan film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN) 2 mengungkap fakta sejarah bahwa Kesultanan yang ada di Papua merupakan perwakilan dari Sultan Tidore.

“Perwakilan Sultan seperti di Papua itu, Raja Fatagor, Raja Rumbati, Waropen dan itu adalah perwakilan Sultan yang diangkat di sana dengan alasan Sultan Tidore menyatukan Nusantara,” jelas Perdana Menteri (Jejou) Kesultanan Tidore H. Amin Faroek Sultan Sayyidul, dalam tayangan film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN) 2, Rabu (20/10/2021) secara daring.

Dalam film diceritakan, Jihad Muhammad al-Mab’uts Amiruddin Syah yang populer dengan panggilan Sultan Nuku dari Tidore adalah Sultan yang berkuasa masa itu dan dengan gagah berani menerima tantangan perang VOC. 

Berkat strategi dan kepemimpinannya, ia sanggup menggalang perlawanan tidak hanya di Tidore, lebih dari itu, ia juga diakui sebagai sultan Papua, Raja Ampat, Halmahera dan Seram. Sehingga, mereka semua bersatu padu melawan VOC atas nama Islam dan berhasil mengalahkan VOC pada abad ke-17 dan ke-18.

“Jauh Republik ini memberikan penghargaan kepada Nuku sebagai pahlawan Nasional, rakyat Papua dan Seram telah mengukuhkan kepada beliau dengan itu, Muhammad al-Mab’uts Sayyidul Jihad Kaicil Paparangan," pungkasnya.[] Mustaqfiroh

Posting Komentar

0 Komentar