JKDN 2: Kiai Demang Lehman, Salah Satu Panglima Perang Banjar yang Difoto Sebelum Dihukum Gantung


TintaSiyasi.com-- Kiai Demang Lehman salah satu penglima Perang Banjar, yang difoto dua hari sebelum dihukum gantung oleh Belanda. "Ini adalah foto Kiai Demang Lehman, salah satu panglima perang Banjar, yang difoto dua hari sebelum dihukum gantung oleh Belanda pada 27 Februari 1864," hal ini terungkap dalam film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara II (JKDN 2) yang diputar serentak secara daring, Rabu (20/10/21).

Kiai Demang Lehman salah satu penglima Perang Banjar, yang difoto dua hari sebelum dihukum gantung oleh Belanda.

"Saat itu bulan Ramadhan, dalam kondisi berpuasa, Kiai Demang Lehman tetap tenang walau difoto dalam keadaan terikat oleh juru kamera penjajah," jelas JKDN 2.

Dalam JKDN 2 mengisahkan, detik-detik sebelum syahid digantung, Kiai Demang Lehman berkata lantang, "Dengarkan semua! Tanah Banjar apabila tidak dibayar dengan air mata darah selamanya akan digenggam Belanda!" teriaknya lantang di film tersebut.

JKDN 2 mengisahkan, Perang Muslimin melawan Belanda di Banjar begitu sengitnya, armada Belanda yang dikirim dari Batavia, begitu kesulitan menghadapi berbagai medan perang Banjar. "Sungai Barito juga menjadi kuburan bagi kapal Onrust, salah satu kapal andalan Belanda. "Namun, bandul perang tak selamanya memihak Muslimin Banua," jelasnya


JKDN 2 menyatakan, pada tahun 1862 Pangeran Antasari wafat tanpa pernah menyerah dan tertipu oleh Belanda." Setelahnya pasukan Belanda berhasil menangkap sekian banyak pemimpin perang Banjar," paparnya. [] Isty da'iyah

Posting Komentar

0 Komentar