JKDN 2 Kisahkan Sultan Terkuat di Asia Tenggara pada Abad ke-19 Ialah..



TintaSiyasi.com-- Dalam membongkar sejarah Islam di Nusantara, film Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN 2) mengungkap kisah Sultan terkuat di Asia Tenggara pada abad ke-19 ialah Sultan Manshur Syah.

"Ia adalah Sultan Manshur Syah, Sultan Aceh yang terkuat di Asia Tenggara pada awal abad ke-19," diungkapkan dalam Premier Film Jejak Khilafah di Nusantara II (JKDN 2), Rabu (20/10/2021) via daring. 

Dalam film tersebut JKDN menerangkan, ketika Tuanku Imam Bonjol ditangkap penjajah pejuang dari Minangkabau datang menghadap Sultan Aceh. 

"Tahun 1837, di tahun yang sama ketika Tuanku Imam Bonjol ditangkap penjajah, serombongan pejuang Minangkabau yang berhasil menyelamatkan diri datang menghadap Sultan Aceh," terangnya. 

JKDN menyebutkan, tidak hanya Minangkabau tapi para pembesar dari negeri lainya juga meminta tolong kepada Paduka di Bandar Aceh. 

"Tidak hanya surat dari Minangkabau, segenap pembesar dari negeri Jawa, Bugis, Bali, Kalimantan dan Palembang mengirim surat yang serupa guna meminta tolong kepada Paduka yang berdaulat di Bandar Aceh," bebernya.

JKDN menjelaskan, kekhawatiran Sultan Aceh akan nasib negeri-negeri Islam di Nusantara. "Kedatangan veteran Padri ke Istana Darud Dunya yang membawa surat tentang kabar mengecewakan di Minangkabau, makin menggelisahkan Sultan Manshur Syah akan nasib negeri-negeri Islam di Nusantara jatuh dicaplok oleh kekuatan imperialisme Belanda," jelasnya. 

Menyikapi semua itu, sang Sultan mengatakan tidak mungkin dilawan tanpa kebersatuan. "Kunci persatuan negeri-negeri Islam yang sudah dipecah-belah oleh kafir penjajah hanyalah satu: yakni bersandar kepada satu-satunya pemimpin kaum Muslimin sedunia, Khilafah Utsmaniyyah," pungkasnya. [] Najwa Alifah

Posting Komentar

0 Komentar