JKDN 2, Ketua Majelis Adat Aceh: Islam Sudah Mendarah Daging di Aceh


TintaSiyasi.com -- Dalam penayangan Film Jejak Khilafah di Nusantara II (JKDN 2), Ketua Majelis Adat Aceh  Alm. Prof. Farid Wajdi, M.A. menyebutkan Islam sudah mendarah daging bagi Aceh.

"Islam itu sendiri, itu sudah mendarah mendaging bagi Aceh siapa pun orangnya, kan itu sudah bagian dari kehidupan," tuturnya dalam film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara-2 (JKdN2), Rabu (20/10/2021).

Ia menyebutkan, sulit untuk memisahkan daging antara sistem pemerintahan dan adat, karena itu sudah menyatu sendiri.

"Saya tidak tahu bagaimana memisahkan daging, mana sistem pemerintahan, mana adat. Itu kan sudah menyatu sendiri. Sehingga itu sudah jadi bagian dari sistem pemerintahan kita," ungkapnya.

Ia juga menceritakan tentang Sultan Iskandar Muda yang berpegang teguh pada syariat Islam dan mengikuti Nabi pun pernah menghukum anaknya.

"Sebagai orang Islam Iskandar Muda bilang, anak-anak Nabi, dikatakan kalau anakku Fatimah mencuri aku yang potong tangan. Nah, Iskandar Muda mau menghukum anaknya begitu," jelasnya.

Ia menegaskan, kalau bukan karena Islam, hukum cambuk yang bukan Islam dicari itu tidak ada di dunia ini.

"Coba bayangkan kalau bukan karena Islam begini, hukum cambuk kita cari dia yang bukan Islam itu tidak ada, tidak ada di dunia itu," pungkasnya. [] Najwa Alifah

Posting Komentar

0 Komentar