JKDN 2: Banten, Kesultanan Pertama yang Berbaiat kepada Khilafah Utsmaniyah


TintaSiyasi.com -- Banten adalah kesultanan pertama di Pulau Jawa yang berbaiat kepada Khalifah Utsmaniyah via Makkah. Hal itu diungkap dalam Premier Film Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN2), Rabu (20/10/2021).

Para pemimpin di pulau Jawa, baik di Mataram maupun Banten Darussalam legitimasinya sebagai pemimpin Muslim diakui oleh pemerintahan pusat Daulah di Istanbul.

Menurut film JKDN 2, tahun 1636 Sultan Banten keempat, Sultan Abu Mafakih Mahmud Abdul Qadir, mengirim tiga orang penting sebagai utusan ke Makkah, satu di antaranya Imam Banten yaitu Imam Aria Wangsakara untuk menemui Syarif Zaheed. 

Pertemuan itu termaktub dalam manuskrip sejarah Banten yang berbahasa Jawa Pesisir Kulon beraksara Arab Pegon.

"Makkah al-Mukarramah merupakan tempat yang memikat hati umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Pada masa Khilafah Utsmaniyah, urusan publik diserahkan kepada Syarif keturunan Nabi SAW," ungkapnya.

Dalam film JKDN 2 dijelaskan, para Syarif menjadikan Kota Makkah tidak hanya untuk menunaikan ibadah haji semata. "Melainkan juga sebagai ladang meraih ilmu dan legitimasi Daulah," tutupnya.[] Nurmilati

Posting Komentar

0 Komentar