Siswa SD Tewas Gantung Diri Lantaran Difitnah, Ustazah Iffah Beberkan Faktor Penyebabnya


TintaSiyasi.com-- Menyikapi siswa sekolah dasar (SD) berusia 12 tahun di Sleman, Yogyakarta, yang tewas gantung diri di kamarnya, Aktivis Muslimah Ustazah Iffah Ainur Rohmah menilai, setidaknya ada tiga faktor yang menjadi penyebabnya.

"Setidaknya ada tiga faktor yang menjadi penyebabnya, faktor individu, faktor lingkungan, dan sistem pendidikan," ungkapnya saat diwawancarai oleh wartawan TintaSiyasi.com, Sabtu (11/09/2021).

Pertama, faktor individu. Ustazah Iffah menuturkan, anak tersebut belum cukup memiliki pemahaman untuk menyelesaikan masalahnya.

"Dari segi individu, pelaku ini adalah seorang anak yang belum cukup memiliki pengetahuan, pemahaman untuk pegangan hidup yang bisa menyelesaikan masalahnya. Sehingga menyelesaikan masalah dengan cara yang salah," tuturnya.

Kedua, faktor lingkungan. Ustazah Iffah membeberkan, adanya lingkungan pertemanan yang tidak dibatasi rambu-rambu syariat, juga keluarga yang kurang perhatian dan memberikan hak-hak anak.

"Ketidaktahuan anak dalam memahami rambu-rambu pergaulan antara laki-laki dan perempuan, mencontoh televisi, atau melihat kakak kelas, atau orang dewasa yang berpacaran, hal ini bisa memicu fitnah dan pada akhirnya tekanan mental yang diterima. Ditambah keluarga yang tidak memberikan perhatian dan hak-hak anak dalam memahami aturan Allah terkait interaksi antar perempuan dan laki-laki," paparnya.

Ketiga, faktor sistem pendidikan. Ia memaparkan bahwa pendidikan sekuler menciptakan anak-anak yang tidak bisa menyelesaikan masalahnya sesuai syariat, "Ini (pendidikan sekuler) juga produk pendidikan sekuler yang menciptakan anak-anak yang tidak bisa menyelesaikan masalahnya sesuai tuntunan syariat," pungkasnya.[] Tri Wahyuni T

Posting Komentar

0 Komentar