Ustaz Iful Fitrah: Penguasaan Ilmu Dunia Harus Dikaitkan Kemaslahatan Agama



TintaSiyasi.com-- Pengasuh Pondok Pesantren At-Tasnim Yogyakarta Ustaz Iful Fitrah menjelaskan, di dalam Islam penguasaan ilmu-ilmu dunia harus dikaitkan dengan kemaslahatan agama.

“Penguasaan terhadap ilmu kehidupan di dalam Islam selalu dikaitkan dengan agama, ilmu-ilmu yang tidak ada kaitannya dengan kemaslahatan agama sesuatu yang sia-sia,” tuturnya dalam acara Ngabuburit bareng Asatidz bersama Ustaz  Iful Fitrah: Islam mencerdaskan Masyarakat, Kamis, (5/5/2021) di kanal YouTube Follback dakwah.

Ia menjelaskan, ilmu-ilmu dunia yang tidak memiliki keterkaitan langsung dengan agama itu tidak penting.

“Berbeda dengan dunia pendidikan sekarang saat ini semua disiplin ilmu dipelajari entah memiliki ketertarkaitan dengan kemaslahatan agama ataupun tidak semua dipelajari,” terangnya.

Ia mengungkapkan, di dalam Islam, apabila ada keilmuan yang bersifat umum tetap dipelajari untuk mendukung kemaslahatan agama. 

“Misalnya, di dalam Islam akan mempelajari ilmu kehidupan tentang sains akan dikaitkan dengan kemaslahatan agama bagaimana menciptakan alat perang yang canggih untuk agenda-agenda jihad,” imbuhnya. 

Ia memaparkan, di dalam Islam baik ilmu dunia selalu dikaitkan dengan kemaslahatan agama, apabila mempelajari ilmu namun tidak bermanfaat untuk agama maka dianggap sesuatu yang sia-sia.

“Sehingga keilmuan itu tidak mendorong majunya agama kenapa? Karena ada gap yang sangat besar antara agama dengan kehidupan,” pungkasnya.[] Alfia Purwanti

Posting Komentar

0 Komentar