Ustad Ahmad Sudrajat Ungkap Salah Satu Penyebab Kemunduran Utsmani



TintaSiyasi.com-- Khadim Majelis Sirah Sahabat Yogyakarta Ustaz Ahmad Sudrajat ungkap salah satu kemunduran Utsmani akibat tidak memiliki tsaqofah Islam yang kokoh.

"Merosotnya daulah Utsmani yang dikatakan oleh Sheikh Taqiyuddin An-Nabhani dalam kitab Daulah Islam, itu karena mereka tidak memiliki  tsaqafah Islam yang kokoh," tuturnya dalam kajian Ngabuburit bareng Asatidz bersama Ustaz Ahmad Sudrajat: Masa Khilafah Utsmani, Kamis (06/05/2021) di kanal YouTube Follback Dakwah.

Ia mengatakan Islam itu kekuatannya di tsaqofah. ''Dengan tsaqafah itu maka kaum Muslimin bisa memecahkan persoalan-persoalan baru yang datang," katanya.

Menurutnya, dengan kemajuan peradaban, ada masalah-masalah baru. “Akan ada realitas-realitas baru, dan barang-barang baru. Itu bisa dibantah. Islam memberikan guidence pedoman bagaimana kaum Muslimin bersikap tentang persoalan-persoalan baru itu,” ujarnya.

"Ada sistem politik yang baru. Misalnya sistem ekonomi tentang jual-beli, sistem politik yang baru misalnya demokrasi. Itu butuh tsaqofah Islam. Pemahaman yang kokoh tentang Islam dan yang tidak dimiliki oleh orang-orang Utsmani," bebernya.

Ia menjelaskan, pada satu sisi Utsmani memiliki pasukan militer yang luar biasa yang diakui oleh orang Barat dan Timur. “Tetapi mereka juga bukan orang Arab, tetapi mereka orang Turki. Bahasa utama menggunakan bahasa Turki. Sehingga tak terelakkan lagi ketika mereka menjawab persoalan-persoalan yang datang kemudian mereka gagal untuk menyikapi,” jelasnya.

"Yang terjadi adalah kaum Muslimin semakin surut jati dirinya. Barat menemukan jati dirinya dengan sekularisme. Mereka sudah melepaskan diri dari masa kegelapan," pungkasnya.[] Munamah


Selengkapnya simak di YouTube Follback Dakwah

Posting Komentar

0 Komentar