UFW: Allah Perintahkan Kita Takwa Totalitas


TintaSiyasi.com-- Ustaz Farid Wadjdi menuturkan bahwa taqwa yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada seluruh umat Islam adalah takwa yang totalitas. 

“Takwa yang diperintahkan kepada kita adalah taqwa yang totalitas yakni dalam segenap aspek kehidupan,” tuturnya dalam acara Ngabuburit bareng Asatidz Ustaz Farid Wadjdi: Islam Rahmatan Lil Alamin, Sabtu (24/04/2021) di kanal YouTube Follback Dakwah.

Ustaz Farid menilai inti dari takwa adalah menjalankan seluruh perintah Allah SWT dan menjauhi seluruh larangan-Nya. Sebagaimana yang disebutkan oleh Imam Hasan Basri, yang disebut orang bertakwa adalah orang-orang yang meninggalkan perkara-perkara yang dibenci oleh Allah SWT dan mengerjakan perkara-perkara yang diperintahkan oleh Allah SWT.

"Rasulullah SAW sendiri memerintahkan kepada kita bertakwa dalam segala hal, dalam segala kondisi, dalam segala waktu dan dalam segala tempat, kita diperintahkan untuk bertaqwa,” ujarnya.

Menurutnya, hal Ini menunjukkan kepada umat Islam bahwa takwa itu adalah takwa yang totalitas. “Jadi, bukan hanya saat shoum, haji, atau saat di masjid saja,” tegasnya.

Oleh sebab itu, menurutnya, takwa harus muncul ketika umat Islam berekonomi, berpolitik dan bernegara. “Dalam pendidikan dan berkeluarga juga harus ada,” tambahnya.

Ia mengatakan ketakwaan itu ada, ketika umat Islam melakukan aktivitasnya dengan syariat Islam, yakni dengan menjalankan perintah Allah SWT. “Dan, itulah yang nantinya akan mendatangkan apa yang disebut dengan rahmatan lil alamin, yaitu dengan penerapan syariat Islam.

Menurutnya, Islam sebagai rahmatan lil alamin artinya Islam sebagai rahmat bagi seluruh manusia, yakni dengan penerapan syariat Islam. “Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat al-Anbiya ayat 107, tidaklah kami mengutusmu Muhammad melainkan sebagai rahmat bagi seluruh alam,” ujarnya.

Ustaz Farid mengutip penjelasan dalam tafsir Fathul Qadir bahwa maksud ayat di atas yakni tidaklah Allah mengutus Muhammad melainkan dengan syariat dan hukum-hukum Islam sehingga menjadi rahmat bagi seluruh umat manusia. 

“Jadi, rahmatan lil alamin itu hanya akan kita dapat kalau syariat Islam diterapkan. Karena rahmatan lil alamin itu adalah buah dari penerapan syariat Islam,” pungkasnya.[] Tri Wahyuni

Selengkapnya simak di YouTube Follback Dakwah

Posting Komentar

0 Komentar