Ustaz Asep Beberkan Tiga Efek Luar Biasa Unlimited Belief



TintaSiyasi.com-- Mendedah Isra Mikraj Nabi Muhammad Saw, Trainer, Motivator, dan Founder The Art of Dakwah Ustaz Asep Supriatna mengatakan, seorang Muslim harus memiliki unlimited belief yang mampu memberikan tiga efek luar biasa pada dirinya. 

Unlimited belief adalah keyakinan yang membuat kita percaya pada yang gaib dengan unlimited. Dan unlimited belief ini akan memberikan tiga dampak besar bagi seorang Muslim,” tuturnya dalam kajian Isra Mi'raj, Unlimited Belief di kanal Youtube Majelis Harisul Islam, Ahad (21/03/2021). 

Kang Asep, sapaan akrabnya, menjelaskan, tiga efek luar biasa tersebut adalah, pertama, menjadikan seorang Muslim memiliki mimpi yang besar seperti mimpi terwujudnya janji Allah.

"Kita lihat contohnya seperti Sultan Muhammad al-Fatih yang memiliki mimpi besar menaklukkan kota Kosntantinopel. Karena percaya bahwa itu adalah janji Allah. Padahal kakeknya, ayahnya, atau sebelum mereka telah mencoba menaklukkannya namun belum berhasil," bebernya. 

"Keyakinan Al-Fatih yang terus dibangun juga dikuatkan oleh gurunya Aaq Syamsuddin, membuat impiannya terwujud,” imbuhnya. 

Kedua, ia menjelaskan, unlimited belief akan memberikan efek bagi seseorang untuk selalu melakukan ikhtiar yang terbaik (karya, effort) dalam setiap usahanya. "Apapun itu katanya. Baik soal bisnis, kerja, karir, semuanya dilakukan dengan usaha terbaik," katanya. 

“Kalau dilakukan dengan ikhtiar terbaik, dapatnya tentu luar biasa. Kalau ada seseorang yang ingin karir atau usahanya melejit, tapi dengan ikhtiar biasa biasa saja, itu namanya mengkhayal. Karena Allah SWT telah mengabarkan hal itu dalam surat An-Najm ayat 39," lugasnya. 

Ketiga, orang yang memiliki unlimited belief menurutnya, selalu mempersembahkan yang terbaik dalam hal ibadahnya. “Ibadahnya terbaik akan mengokohkan ibadahnya. Makanya, aneh, jika ada yang mengaku pengemban dakwah, tetapi tidak sinkron antara perbuatan, lisannya, dan ibadahnya, ini contohnya ya," tegasnya.

"Maka, seseorang yang memiliki unlimited belief akan mempersembahkan ibadah terbaik. Para sahabat sudah ada di antara mereka yang dijamin masuk surga oleh Rasulullas Saw, dan ibadahnya luar biasa. Beda dengan kita yang tidak ada jaminan dari Rasulullah Saw,” paparnya. 

Ia menyatakan, keyakinan yang unlimited belief itulah yang juga menjadikan para sahabat seperti Imam Ali selalu menang perang tanding dengan lawannya. "Keyakinan yang membuat Imam Ali menjadi istimewa, spesial, PD (percaya diri), dan optimis menang dengan pertolongan Allah. Dan katanya, keyakinan Imam Ali yang selalu optimis menang tanding, menular kepada musuh, bahwa mereka akan kalah," jelasnya. 

Di sisi lain, ia mengaitkan peristiwa Isra Mikraj dengan unlimited belief sebagai filter bagi orang beriman dalam menyakini yang gaib. Karena menurutnya, hanya yang memiliki iman unlimited belief saja, yang mampu membenarkan peristiwa Isra Mikraj, yang tidak mampu dinalar manusia biasa. Ia mencontohkan dengan keimanan Abu Bakar ra sebagai orang pertama yang membenarkan peristiwa Isra Mikraj.

"Unlimited belief itu adalah keimanan terkuat terhadap perkara yang gaib. Bagaimana kehidupan kita, ya tergantung keimanan kita pada yang gaib. Surga, neraka, dosa, pahala, para Nabi dahulu kan adalah perkara gaib. Seperti yang Allah nyatakan dalam surat Al-baqarah ayat 3,” tambahnya. 

Ia menekankan, unlimited belief adalah keyakinan yang membuat seoarang Muslim jadi “wow” seperti para sahabat. "Karena keimana seperti itu akan terpancar dari wajah dan bahasa tubuhnya," ujarnya.

"Keyakinan yang terpancar dari wajah dan bahasa tubuhnya seperti yang disampaikan oleh Ibnu Khoir, bahwa kondisi iman seseorang itu nampak dari wajahnya. Pertanyaannya adalah, apakah keimanan kita sudah seperti itu (unlimited belief) atau tidak?” pungkasnya.[] M. Siregar

Posting Komentar

0 Komentar