Ketua FDMPB: Pendidikan adalah Investasi Jangka Panjang untuk Kemajuan Bangsa



TintaSiyasi.com-- Terkait dengan draf Peta Baru Jalan Pendidikan Indonesia draf 2020-2035, Ketua Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa (FDMPB) Dr. Ahmad Sastra, MM mengatakan, pendidikan merupakan investasi jangka panjang untuk kemajuan bangsa.

“Pendidikan adalah investasi yang jangka panjang yang luar biasa dan fundamental, karena pendidikan itu kan berhubungan dengan kemajuan suatu bangsa,’’ tuturnya dalam Focus Group Discussion ke-10: Peta Jalan Pendidikan Indonesia di kanal YouTube Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa, Sabtu (13/3/2021).

Ia mengatakan, pendidikan memiliki kontribusi yang  besar di dalam pembangunan peradaban sebuah bangsa. imbuhnya. "Jadi, pendidikan dengan peradaban itu adalah dua hal yang sangat berkait erat," tambahnya.

Menurutnya, pendidikan merupakan bagian dari produk politik dalam sebuah negara itu. "Artinya bagian dari sebuah  kebijakan terutama dari sistemnya, peta jalan, kurikulum, guru, metodologi, siswa dan seterusnya, itu adalah hasil karya sebuah kebijakan politik di negara tersebut,” tambahnya. 

Ia menambahkan, politik itu sangat erat dengan adanya ideologi yang menjadi latar belakangnya. “Jadi kebijakan politik sebuah negara terutama  di bidang pendidikan tidak bisa dilepaskan juga dari ideologi yang melatarbelakanginya,” pungkasnya.[] Sri Purwanti

Posting Komentar

0 Komentar