Kader Parpol Terlibat Kriminal, Pengamat Sosial Politik: Lemahnya Kaderisasi



TintaSiyasi.com-- Pengamat Sosial Politik Ustaz Iwan Yanuar menyoroti adanya kader parpol yang terlibat tindakan kriminalitas, hal itu diakibatkan lemahnya kaderisasi parpol.

"Bukan kali pertama seorang kader parpol terlibat kriminal, ini gambaran lemahnya kaderisasi dalam parpol," ungkapnya kepada Tintasiyasi.com, Senin (22/03/2021)

Menurutnya, banyak kader parpol terjerat kriminalitas termasuk korupsi baik saat menjabat di kepala daerah, anggota dewan atau sebagai pengurus parpol. “Ini merupakan indikasi terjadinya abuse power," ujarnya.

Ia mengatakan standar moral parpol hari ini seperti kejar setoran yakni memperbanyak pendukung dan kader. “Juga kurang peduli dengan track record yang bersangkutan,” paparnya.

Selain itu, menurutnya, sistem juga membuka peluang anggota dewan, pejabat dan pengusaha untuk melakukan kongkalikong. “Begitu juga dengan aturan-aturan yang membuka terjadinya berbagai kecurangan ditambah lemahnya penegakan hukum membuat orang tidak kapok melakukan moral hazard," pungkasnya.[] Atikah Nur

Posting Komentar

0 Komentar