UIY: Keadilan Merupakan Esensi Utama dari Hukum



TintaSiyasi.com-- Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto (UIY) mengungkapkan keadilan merupakan esensi utama dari hukum. "Karena equality before the law, itu unsur paling dasar di dalam keadilan hukum dan keadilan inilah esensi utama dari hukum," ujarnya dalam FGD#19 Pusat Kajian dan Analisis Data (PKAD): Penangkapan Tokoh FPI dan Meninggalnya Ustaz Maaher, Adilkah? Sabtu (13/02/2021) di YouTube PKAD Channel.

Menurutnya, salah satu poin penting dari keadilan adalah equality before the law dan hal ini menarik sekali. UIY mengatakan, siapa saja yang mencuri dan nilainya melebihi nishab, yaitu seperempat dinar akan dipotong tangannya.

"Ini berkaitan dengan seorang wanita terpandang yang mencuri dari Bani Makzumiyah yang ada di dalam hadis sahih riwayat Bukhari Muslim yang berusaha meminta keringanan hukuman potong tangan kepada Rasulullah SAW," paparnya.

Dia mengatakan, melalui hadis di atas Nabi memberikan penjelasan tentang prinsip yang hari dibicarakan saat ini, yaitu, equality before the law. Menurutnya, karena keadilan itulah, hukum harus menjadi panglima dan pengendali, dan unsur penting dari keadilan itu adalah hukumnya harus diperlakukan sama untuk semua orang. 

"Bila kepada rakyat biasa hukum ditegakkan, begitu juga kepada orang terpandang sekalipun, bahkan kepada anak Nabi sekalipun, inilah yang dikatakan Nabi dalam hadis tersebut," pungkasnya.[] Atika Nur

Posting Komentar

0 Komentar