Prof. Suteki: Diduga Rasis, Abu Janda Terancam 5 Tahun Bui

TintaSiyasi.com-- Mendedah dugaan rasisme Permadi Arya yang biasa disebut Abu Janda kepada Natalius Pigai, Pakar Hukum dan Masyarakat Prof. Dr. Suteki, S.H., M.Hum., mengatakan, AJ bisa terancam hukuman hingga lima tahun penjara.

"Jika terdapat alat bukti, bahwa ia melakukan tindak pidana rasisme, Abu Janda dapat ditahan mengingat ancaman pidana delik rasisme hingga lima tahun," tuturnya dalam acara kuliah online Uniol 4.0 Diponorogo, Selasa (31/21/2021) via daring di zoom meeting.

Menurut Prof Suteki sapaan akrabnya, hal ini sesuai dengan Pasal 16 UU No. 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. Ia menyebutkan bunyi pasal 16, yaitu, setiap orang yang dengan sengaja menunjukkan kebencian atau rasa benci kepada orang lain berdasarkan diskriminasi ras dan etnis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b angka 1, angka 2, atau angka 3, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

"Apalagi yang ditunggu oleh Aparat Penegak Hukum (APH) ketika kita bersama telah dihadapkan pada fakta adanya common enemy, salah satunya adalah Abu Janda alias Permadi Arya ini," imbuhnya.

Ia menilai, prinsip equality before the law dan presumption of innocence, memang perlu diperhatikan, namun jangan sampai melemahkan tindakan aparat penegak hukum memproses hukum Abu Janda. "Jika perlu, mengingat sudah 5 hingga 6 kali Abu Janda dilaporkan karena dituduh melakukan berbagai tindak pidana," ungkapnya.

Ia membeberkan, Abu Janda pernah dilaporkan ke polisi sebanyak 6 kali, termasuk yang 2 yang terakhir ini soal rasisme terhadap mantan anggota Komnas HAM Natalius Pigai dan Islam sebagai agama arogan. 

"Laporan DPP KNPI ke Bareskrim Polri terhadap Permadi Arya alias Abu Janda dalam kasus rasisme Natalius Pigai mendapat dukungan luas dari berbagai khalayak," ujarnya. 

Selain itu, ia menjelaskan, pemberitaan yang masif tampaknya membuat para tokoh turut bicara untuk menyikapi perbuatan Abu Janda yang sangat beraroma rasisme. 

"Kali ini partai-partai di DPR kompak satu suara mendukung pelaporan atas Abu Janda agar ditindak secara tegas berdasarkan hukum yang berlaku, tanpa pandang bulu," pungkasnya.[] Munamah



Posting Komentar

0 Komentar